Feoh, Rianti Aprilia (2023) Pengaruh Model Inkuiri dan Gaya Kognitif terhadap Hasil Belajar Pemecahan Masalah Sains Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kajian awal menunjukkan hasil belajar pemecahan masalah sains tentang konsep cahaya dan sifat-sifatnya rendah. Hasil wawancara bersama wali kelas IV SD Negeri Oehandi tanggal 13 Maret 2021, 14 siswa (35%) dari 40 siswa dinyatakan lulus KKM. Ada 26 siswa (65%) yang tidak lulus KKM. Kegiatan belajar sudah baik, namun masih menggunakan model konvensional kendati memasukan unsur saintifik,siswa mencari materi yang dipelajari diperpustakaan mini,berbagi informasi dan terlibat berdiskusi. Guru jarang memanfaatkan model-model pembelajaran berimbas pembelajaran yang monoton,menyebabkan siswa dengan tipe kognitif beragam, kurang mengerti materi dan mengerjakan tugas berdampak pada hasil belajar pemecahan masalah sains. Model inkuiri merupakan salah satu yang tepat diterapkan. Model inkuiri dirancang untuk membantu berpikir kritis merumuskan hipotesis, membantu melakukan penyelidikan, membuktikan hipotesis melalui kegiatan bereksperimen, siswa mampu mengembangkan pengetahuan untuk merumuskan kesimpulan. Gaya kognitif merupakan salah satu variabel mempengaruhi seberapa baik siswa belajar, berdampak terhadap hasil belajar pemecahan masalah berhubungan dengan sains. Pemrosesan informasi untuk menarik kesimpuan, memperkirakan stimulus dan memberikan tanggapan, semuanya melibatkan gaya kognitif. Pemanfaatan model inkuiri dengan memperhatikan gaya kognitif setiap siswa mampu meningkatkan hasil belajar pemecahan masalah sains. Rancangan/desain factorial 2x2 nonequivalent dan metode quasi- eksperimen digunakan dalam penelitian ini. Subyek penelitian berjumlah 100 siswa di kelas IV SD Negeri Oehandi. Group embedded figures test (GEFT) dan penilaian hasil belajar pemecahan masalah sains sebagai alat pengumpulan data. Metode ANOVA Dua arah digunakan untuk memeriksa data penelitian. Temuan penelitian ditemukan, 1) perbedaan hasil belajar pemecahan masalah sains siswa yang dibelajarkan dengan model inkuiri 2) perbedaan hasil belajar pemecahan masalah sains siswa yang memiliki gaya kognitif berbeda 3) tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran inkuiri dan gaya kognitif terhadap hasil belajar pemecahan masalah sains siswa dikelas IV SD Negeri Oehandi.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education L Education > L Education (General) > LMO Model Pembelajaran |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar |
Depositing User: | mr mahasiswa UM |
Date Deposited: | 25 Sep 2023 02:28 |
Last Modified: | 25 Sep 2023 02:29 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/4388 |
Actions (login required)
View Item |