Pengembangan Buku Saku Berbasis Mind Mapping untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV Sekolah Dasar - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan Buku Saku Berbasis Mind Mapping untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV Sekolah Dasar

Sakinah, Nurul Hidayati (2022) Pengembangan Buku Saku Berbasis Mind Mapping untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pendidikan Sekolah terutama pada sekolah dasar sangat bergantung pada media pembelajaran Penggunaan media pembelajaran pada sekolah dasar masih belum terealisasi dengan baik terutama pada SDN Tanjung IV Pamekasan, SDN Tanjung II Pamekasan dan SDN Padelegan 1 Pamekasan. hal ini berdampak pada pendidikan disekolah dasar. media pembelajaran yang tidak beragam mengakibatkan beberapa siswa menjadi bosan, tidak semangat dalam belajar, siswa banyak yang tidak memahami materi dan beberapa siswa belum memenuhi KKM. Penelitian ini menggunakan penelitian pengembangan. Jenis Pengembangan digunakan untuk mengembangkan suatu produk. metode penelitian digunakan yaitu penelitian dan pengembangan 4D. Jenis data dalam penelitian ini yaitu data kuantitatif dan data kualitatif. Data kuantitatif diperoleh dari hasil perhitungan angket validator ahli, angket respon guru dan siswa, dan hasil belajar siswa. Data kualitatif diperoleh dari tanggapan yang berupa kritik atau saran dari validator ahli, guru dan siswa. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Statistik yang di gunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji homogenitas dan uji T. Penelitian ini menghasilkan buku saku berbasis mind mapping tema 2 subtema 2 untuk kelas IV SD yang sangat valid secara teoritik, sangat menarik digunakan sebagai buku penunjang pembelajaran tematik, sangat efektif mencapai tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan. Hal ini dibuktikan dengan hasil uji kevalidan mendapat skor 93%, uji kemenarikan mendapat skor 98%, dan uji keefektifan semua siswa mengalami peningkatan hasil belajar yang menggunakan desain nonequivalent countrol group design. Saran untuk pengguna buku saku berbasis mind mapping yaitu buku ini dapat digunakan sebagai buku referensi pembelajaran tematik tema 2 subtema 3 yang dikaitkan dengan energi alternatif siswa. Untuk peneliti selanjutnya, penelitian dapat dilakukan dengan menggunakan strategi, metode dan model yang kreatif dan mendesain mind mapping lebih baik.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
L Education > L Education (General) > LMO Model Pembelajaran
Divisions: Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar
Depositing User: mr mahasiswa UM
Date Deposited: 25 Sep 2023 04:26
Last Modified: 25 Sep 2023 04:26
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/4387

Actions (login required)

View Item View Item