PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN FLIPPED LEARNING TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA SMA NEGERI 10 MALANG PADA PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN - Repositori Universitas Negeri Malang

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN FLIPPED LEARNING TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA SMA NEGERI 10 MALANG PADA PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN

Rohman, Zainur (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN FLIPPED LEARNING TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA SMA NEGERI 10 MALANG PADA PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji apakah ada pengaruh penerapan pembelajaran flipped learning untuk meningkatkan motivasi belajar dan hasil belajar siswa SMAN 10 Malang dalam pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan. Rancangan penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen dengan bentuk Quasi Experimental Designs atau penelitian eksperimental semu dengan model The Nonrandomized Control Group Pretest Posttes Design. Penelitian ini membedakan dua kelompok, yang satu dikenai perlakuan dan kelompok lain tidak dikenai perlakuan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X SMAN 10 Malang. Teknik pengambilan data dalam penelitian ini adalah angket Motivasi dan tes hasil belajar. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa rata-rata skor hasil belajar siswa kelompok eksperimen pretest dan postest menunjukkan nilai signifikansi (2-tailed) 0,000 < 0,05, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penerapan pembelajaran model flipped learning dalam pembelajaran PJOK terhadap hasil belajar siswa. Hasil uji beda rata-rata tingkat motivasi siswa dengan nilai signifikansi (2-tailed) 0,026 < 0,05, maka terdapat perbedaan yang signifikan antara tingkat motivasi siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol, sedangkan hasil uji beda rata-rata hasil belajar dengan nilai nilai signifikansi (2-tailed) adalah 0,004 < 0,05 maka, dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hal ini dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh dan perbedaan yang signifikan terhadap motivasi belajar dan hasil belajar siswa yang menerapkan pembelajaran model flipped learning dalam pembelajaran PJOK lebih bagus daripada kelas yang tidak menerapkan pembelajaran model flipped learning dalam pembelajaran PJOK. Maka dapat disimpulkan bahwa flipped learning merupakan metodologi belajar mengajar yang efektif dalam Pendidikan jasmani. Dengan pembelajaran flipped learning, hasil yang lebih baik diperoleh siswa yang menerima dan siswa yang tidak menerima pembelajaran flipped learning dalam segi tingkat motivasi belajar dan hasil belajar yang cukup signifikan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran flipped learning dalam Pendidikan jasmani bermanfaat dan efektif untuk meningkatkan kognitif siswa yang tumbuh diera digital. Kata Kunci : flipped learning, motivasi, hasil belajar

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > L Education (General) > LMO Model Pembelajaran
Q Science > QH Natural history
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) > Departemen Ilmu Keolahragaan (IK) > S2 Pendidikan Olahraga
Depositing User: mr mahasiswa UM
Date Deposited: 25 Sep 2023 02:20
Last Modified: 25 Sep 2023 02:20
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/4375

Actions (login required)

View Item View Item