Implementasi model pembelajaran guided discovery melatihkan keterampilan berpikir kritis dan nilai karakter siswa materi ikatan kimia kelas X SMAN 3 Jombang - Repositori Universitas Negeri Malang

Implementasi model pembelajaran guided discovery melatihkan keterampilan berpikir kritis dan nilai karakter siswa materi ikatan kimia kelas X SMAN 3 Jombang

Solikhah, Sintya Aimatus (2022) Implementasi model pembelajaran guided discovery melatihkan keterampilan berpikir kritis dan nilai karakter siswa materi ikatan kimia kelas X SMAN 3 Jombang. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pendidikan merupakan dasar seorang manusia untuk dapat menyikapi kehidupan dengan benar, dalam proses pendidikan peserta didik dipersiapkan untuk dapat terjun dalam bermasyarakat, peserta didik diharapkan dapat memecahkan masalah secara mandiri. Melalui keterampilan berpikir kritis peserta didik harus selalu menganalisis dan menangani informasi, keterampilan berpikir kritis merupakan hasil dari suatu interaksi serangkaian dugaan terhadap berpikir kritis dan serangkaian kecakapan untuk berpikir kritis. Pada dunia pendidikan salah satu usaha agar dapat melatihkan keterampilan berpikir kritis melalui suatu model pembelajaran, model pembelajaran guided discovery dapat digunakan untuk melatihkan keterampilan berpikir kritis dengan menemukan suatu konsep melakukan serangkaian proses (discovery) peserta didik menggunakan pengetahuan awal yang kemudian dihubungkan dengan teori dan hasil untuk memecahkan suatu permasalahan. Penelitian ini bertujuan mengetahui hasil belajar keterampilan berpikir kritis yang dilatihkan yakni interpretasi analisis dan inferensi melalui model pembelajaran guided discovery , mengetahui hasil belajar keterampilan peserta didik , dan melihat nilai karakter yang sering muncul pada peserta didik selama pembelajaran ini. Rancangan penelitian yang digunakan yakni control group pretest-posttest design untuk mengukur hasil belajar keterampilan pada kelas eksperimen, one shot case study untuk mengukur hasil belajar pengetahuan dan observasi untuk melihat nilai karakter siswa yang sering muncul. Pada kelas eksperimen n-gain komponen interpretasi pada kategori tinggi, analisis pada kategori dan inferensi pada kategori seang, sedangkan pada kelas kontrol komponen interpretasi dan analisis pada kategori sedang dan inferensi pada kategori rendah. Hasil belajar pengetahuan menunjukkan hasil bahwa 24 peserta didik dikatakan tuntas dengan nilai di atas KKM. Dan nilai karakter siswa yang diamati sering muncul yakni mandiri, tanggung jawab, kerja keras dan komunikatif.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General) > LMO Model Pembelajaran
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > Program Profesi Akuntansi
Depositing User: mr mahasiswa UM
Date Deposited: 25 Sep 2023 01:06
Last Modified: 25 Sep 2023 01:06
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/4344

Actions (login required)

View Item View Item