Pengaruh Penerapan Problem Based Learning berbasis STEM + Assessment Formative terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Mahasiswa Program Studi Pendidikan Fisika Universitas Nusa Cendana pada Materi Gelombang Mekanik - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh Penerapan Problem Based Learning berbasis STEM + Assessment Formative terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Mahasiswa Program Studi Pendidikan Fisika Universitas Nusa Cendana pada Materi Gelombang Mekanik

Benu, Merlyn Yoan Trivosa (2023) Pengaruh Penerapan Problem Based Learning berbasis STEM + Assessment Formative terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Mahasiswa Program Studi Pendidikan Fisika Universitas Nusa Cendana pada Materi Gelombang Mekanik. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kemampuan pemecahan masalah penting dimiliki oleh mahasiswa untuk mempelajari materi fisika dasar. Hal ini dikarenakan dalam pembelajaran fisika dasar yang berorinetasi aplikatif menuntut mahasiswa untuk menerapkan pengetahuan dalam memecahkan masalah. Sejauh ini, masih sedikit penelitian yang berkaitan dengan kemampuan pemecahan masalah khususnya pada materi gelombang mekanik. Kemampuan pemecahan masalah yang dimiliki mahasiswa dapat dipengaruhi dengan menerapakn model Problem Based Learning berbasis STEM + Assessment Formative. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Problem Based Learning berbasis STEM + Assessment Formative terhadap kemampuan pemecahan masalah mahasiswa calon guru fiisika pada materi gelombang mekanik. Rancangan penelitian menggunakan mixed method dengan embedded experimental design. Penelitian dilakukan pada 25 mahasiswa pendidikan fisika Universitas Nusa Cendana angkatan 2022. Instrumen pengukuran kemampuan pemecahan masalah yang dimodifikasi dari Mechanical Wave Conceptual Survey (WMCS) oleh Tongchai et al yang disesuaikan dengan format kemampuan pemecahan masalah. Data yang dikumpulkan berupa data kuantitatif dari hasil pre-test dan post-test serta data kualitatif dari hasil wawancara. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh penerapan Problem Based Learning berbasis STEM + Assessment Formative terhadap kemampuan pemecahan masalah yang terlihat dari adanya perbedaan rata-rata kemampuan pemecahan masalah mahasiswa pada materi gelombang mekanik saat pre-test dan post-test serta didukung oleh hasil uji n-gain yang menunjukkan efektifitas pembelajaran berpengaruh pada kategori sedang. Kemampuan pemecahan masalah yang dimiliki mahasiswa menunjukkan bahwa mahasiswa mampu menerapkan ide dan solusi yang tepat serta mampu menyelesaikan masalah gelombang mekanik dengan prosedur yang tepat.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > L Education (General) > LMO Model Pembelajaran
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S2 Pendidikan Fisika
Depositing User: mr mahasiswa UM
Date Deposited: 25 Sep 2023 00:53
Last Modified: 25 Sep 2023 01:55
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/4338

Actions (login required)

View Item View Item