KONSTRUKSI DIALOG IMAN MENJADI SUATU TEKNIK DALAM KONSELING UNTUK MEMBINA AKHLAKUL KARIMAH DALAM SETTING PENDIDIKAN INFORMAL - Repositori Universitas Negeri Malang

KONSTRUKSI DIALOG IMAN MENJADI SUATU TEKNIK DALAM KONSELING UNTUK MEMBINA AKHLAKUL KARIMAH DALAM SETTING PENDIDIKAN INFORMAL

Susandra, Elsadina (2022) KONSTRUKSI DIALOG IMAN MENJADI SUATU TEKNIK DALAM KONSELING UNTUK MEMBINA AKHLAKUL KARIMAH DALAM SETTING PENDIDIKAN INFORMAL. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini berangkat dari fenomena merosotnya akhlakul karimah masyarakat, khususnya generasi muda. Sehingga hal ini menjadi tugas penting bagi orang tua atau keluarga secara skala kecil, dan menjadi tugas penting bagi bidang pendidikan secara skala besar. Maka dibutuhkan pembinaan akhlakul karimah, diantaranya melalui pendidikan terutama dalam bidang Bimbingan Konseling. Seperti mengkonstruksi dialog iman sebagai teknik konseling. Dialog iman merupakan dialog yang dibangun atas dasar ingin menumbuhkan konsep iman (Islam). Fokus penelitian ini yaitu mendeskripsikan konsep dasar dialog iman, penerapan dialog iman untuk membina akhlakul karimah dalam keluarga, serta implementasi dialog iman untuk membina akhlakul karimah dalam konseling. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif yang dilakukan di Kota Payakumbuh Provinsi Sumatra Barat dengan pemilihan subjek yang diteliti melalui teknik snowball sampling. Subjek penelitian ini ialah 3 keluarga yang menerapkan dialog iman, yaitu keluarga pasangan UC dan AG, pasangan UR dan AE, serta pasangan UN dan AH. Data dianalisis dengan menggunakan teknik analisis interaksionisme simbolik dan pemaparan data menggunakan konsep Ian Dey, serta pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi. Hasil penelitian didapati bahwa konsep dialog iman diantaranya; Pengertian dialog iman, ciri khas, tujuan, manfaat, kelebihan dan kekurangan, serta penempatan dialog iman berdasarkan usia. Selanjutnya penerapan dialog iman dalam keluarga memuat; nilai-nilai dialog iman yang, persyaratan pribadi, dan pelaksanaan dialog iman di dalam keluarga. Sedangkan implementasi dialog iman dalam konseling memuat; langkah-langkah teknik dialog iman dan isi konten atau topik dialog iman. Saran penelitian ini, bagi guru BK dapat digunakan bagi guru BK dan konselor untuk proses konseling baik dalam konsep Bimbingan Konseling umum, maupun Bimbingan Konseling Islam untuk membina akhlakul karimah siswa. Sedangkan bagi mahasiswa Bimbingan Konseling, penelitian ini dapat mendjadi bacaan, sekaligus penambah wawasan. Serta bagi peneliti lainnya, yang ingin mengembangkan atau melanjutkan penelitian ini, diharapkan dapat melakukan uji coba berdasarkan implikasi dari teknik dialog iman, serta dapat dilanjutkan dengan penelitian pengembangan.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > L Education (General) > LMO Model Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Bimbingan dan Konseling (BK) > S2 Bimbingan dan Konseling
Depositing User: mr mahasiswa UM
Date Deposited: 25 Sep 2023 01:46
Last Modified: 25 Sep 2023 01:46
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/4318

Actions (login required)

View Item View Item