Pengembangan perangkat pembelajaran Problem Oriented Project Based Learning (POPBL) untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis, berpikir kreatif, komunikasi, dan literasi sains siswa SMA Negeri 1 Cluring - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan perangkat pembelajaran Problem Oriented Project Based Learning (POPBL) untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis, berpikir kreatif, komunikasi, dan literasi sains siswa SMA Negeri 1 Cluring

Suwistika, Rima (2023) Pengembangan perangkat pembelajaran Problem Oriented Project Based Learning (POPBL) untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis, berpikir kreatif, komunikasi, dan literasi sains siswa SMA Negeri 1 Cluring. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pemberdayaan keterampilan Abad XXI menjadi hal yang penting untuk dikembangkan pada siswa. Siswa harus memiliki kemampuan untuk berpikir kritis, kreatif, inovatif, pemecahan masalah dan komunikasi. Hal yang harus dilakukan adalah memberdayakan kemampuan berpikir dan memberikan kesempatan untuk menggali dan mengembangkan kemampuan dan kompetensi yang dimiliki siswa. Hasil observasi di lapangan menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kritis, kemampuan berpikir kreatif, kemampuan komunikasi, dan literasi sains siswa SMAN 1 Cluring termasuk dalam kategori perlu untuk diberdayakan. Salah satu model pembelajaran yang mampu meningkatkan kemampuan berpikir kritis, kemampuan berpikir kreatif, keterampilan komunikasi, dan literasi sains adalah Problem Oriented Project Based Learning (POPBL). Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran POPBL materi struktur jaringan tumbuhan dan struktur jaringan hewan kelas XI SMA yang valid, efektif dan praktis, serta menganalisis pengaruh penerapan pembelajaran POPBL terhadap keterampilan berpikir kritis, keterampilan berpikir kreatif, keterampilan komunikasi, dan literasi sains. Penelitian ini menggunakan pengembangan model ADDIE (Analyze, Design, Develop, Implement, Evaluate) yang pada setiap tahapannya melakukan evaluasi. Produk yang dikembangkan pada penelitian ini berupa Alur Tujuan Pembelajaran (ATP), modul ajar yang terdiri dari handout, Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD), instrumen tes keterampilan berpikir kritis dan berpikir kreatif, serta angket keterampilan komunikasi dan literasi sains. Produk yang dikembangkan akan dilakukan uji validasi dahulu. Desain implementasi yang digunakan yaitu non-equivalent pretest posttets control group design. Data yang diperoleh pada penelitian ini adalah hasil validasi dan nilai tes awal dan tes akhir. Data yang didapatkan akan dianalisis validasi, kepraktisan produk, dan keefektifan produk yang dikembangkan. Uji keefektifan perangkat menggunakan uji anakova satu jalur. Uji persyaratan yang dilakukan sebelum uji anakova adalah uji normalitas, homogenitas, dan uji linieritas. Hasil dari penelitian ini diketahui bahwa; (1) perangkat pembelajaran POPBL yang valid, efektif dan praktis; (2) Terdapat perbedaan penerapan POPBL terhadap peningkatan keterampilan berpikir kritis,berpikir kreatif, keterampilan komunikasi dan literasi sains siswa yang dibelajarkan menggunakan POPBL dan siswa yang dibelajarkan menggunakan model konvensional. Berdasarkan hasil penelitian, sebaiknya penelitian lanjutan pada pengembangan perangkat pembelajaran POPBL pada keterampilan Abad XXI yang lainnya.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Perangkat Pembelajaran POPBL, Problem Oriented Project Based Learning, Keterampilan Berpikir Kritis, Keterampilan Berpikir Kritis, literasi sains, dan Keterampilan komunikasi.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > L Education (General) > LMO Model Pembelajaran
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S2 Pendidikan Biologi
Depositing User: mr magang UM
Date Deposited: 08 Aug 2023 06:39
Last Modified: 08 Aug 2023 06:39
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/4298

Actions (login required)

View Item View Item