Nuraini, Novi (2022) Implementasi practical life pada pembelajaran montessori untuk menstimulus kemandirian anak di TK Sayang School Surabaya. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Practical life atau keterampilan hidup merupakan salah satu sesi yang ada di pembelajaran Montessori. Practical life sendiri yang memiliki arti keterampilan hidup seseorang dengan cara yang lebih baik, anak diajarkan untuk bagaimana menjalani aktivitas sehari-hari tanpa bantuan orang lain, dilatih untuk menjadi mandiri dan dapat menyelesaikan segala permasalahan yang ditemukan pada aktivitas sehari-hari anak, supaya bisa menjadi keterampilan yang terarah. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan literatur bagi para pendidik Taman kanak-kanak, orang tua peserta didik, serta peneliti lain, khususnya dengan tujuan mengetahui implementasi kegiatan practical life pada pembelajaran Montessori untuk menstimulus kemandirian anak mulai dari proses perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pada saat kegiatan practical life berlangsung. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumen dengan peneliti sebagai instrumen kunci yang bertugas pengumpulan data dari berbagai sumber berupa wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif yang dikemukakan oleh Miles and Huberman dengan langkah, Data Collection (Pengumpulan data), Data Reduction (Reduksi data), Display data, dan Kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian dalam penelitian ini, peneliti menganalisis dan mendiskripsikan perencanaan implementasi kegiatan practical life pada pembelajaran Montessori, perkembangan anak setelah mengikuti kegiatan tersebut, dan mengetahui kekurangan serta kelebihan kegiatan practical life pada pembelajaran Montessori. Peneliti menyimpulkan bahwa kegiatan practical life dapat digunakan secara optimal untuk melatih kemandirian anak. Hal tersebut sudah terbukti pada saat diterapkan di TK Sayang School Surabaya. Melalui kegiatan practical life pada pembelajaran Montessori peneliti menemukan dalam kegiatan practical life harus dilakukan secara berurutan dan berulang supaya dapat memberikan dampak yang besar bagi anak.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Practical life, Kemandirian anak |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > L Education (General) > LMO Model Pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S2 Pendidikan Anak Usia Dini |
Depositing User: | mr magang UM |
Date Deposited: | 08 Aug 2023 08:38 |
Last Modified: | 08 Aug 2023 08:38 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/4280 |
Actions (login required)
View Item |