Pendidikan karakter melalui model pembelajaran terpadu di era digital Sekolah Dasar Merjosari 02 Malang - Repositori Universitas Negeri Malang

Pendidikan karakter melalui model pembelajaran terpadu di era digital Sekolah Dasar Merjosari 02 Malang

Amalia, Af Idatul (2022) Pendidikan karakter melalui model pembelajaran terpadu di era digital Sekolah Dasar Merjosari 02 Malang. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kemajuan teknologi yang semakian maju di era digital mengakibatkan perubahan perilaku, watak, moral pada peserta didik. Sebuah transisi yang memaksa semua orang bisa beradaptasi berbagai kalangan menjadi terbiasa dengan adanya teknologi. Pelaksanaan pembelajaran dengan platfoarm google meet, zoom dan moodl merupakan beberapa contoh situs yang biasa digunakan pendidik dalam mengajar materi pembelajaran terpadu di sekolah dasar SDN Merjosari 2 Malang. Perlunya kerja sama sekolah dan orang tua dalam pendampingan serta mengontrol penggunaan teknologi pada peserta didik. Hal ini berdampak pada Pendidikan karakter peserta didik. Berkurangnya aktivitas kegiatan dengan teman sebaya saat pembelajaran daring mengakibatkan pelaksanaan Pendidikan karakter tidak sepenuhnya berhadapan langsung dengan peserta didik hanya sekedar nasihat yang bisa dilakukan pendidik melalui platfoarm yang disediakan ketika daring. Berbeda dengan luring Pendidikan karakter bisa dilakukan dengan menegur dan membimbing sesuai dengan keadaan lingkunganya. Kajian ini menggunakan penelitian kualitatif. Jenis kualitaitif digunakan untuk menggali keadaan yang sebenarnya di lapangan mengenai perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi pendidikan karakter melalui model pembelajaran terpadu di era digital SDN Merjosari 2 Malang. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan purposive sampling tujuanya mendapatkan informasi lebih akurat kepada yang lebih ahli dibidangnya yakni wali kelas 5, kepala sekolah dan beberapa orang tua peserta didik menggunkan dukungan observasi, wawamcara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pendidikan karakter pada perencanaan melalui model pembelajaran terpadu yang dilaksanakan saat daring dan luring sebagi berikut: 1) bentuk keterlibatan para pendidik sekolah SDN Merjosari 2 Malang dengan mewujudkan komitmen atau program visi, misi sekolah dalam mencapai komitmen perencanaan pengintregasian pendidikan karakater di lingkungan sekolah. 2) terkait penyusunan rancangan pelaksanaan pembelajaran (RPP) oleh guru kelas 5 dengan adanya kerja sama antara kelompok kerja guru (KKG) dalam mempermudah dan memperkaya pengetahuan mengajar peserta didik. 3) pengintregasian pendidikan karakter dalam pembelajaran yang terdiri dari proses dan strategi. Pendidikan karakter pada pelaksanaan melalui model pembelajaran terpadu yang dilaksanakan saat daring dan luring sebagi berikut: 1) pelaksanaan melalui proses yang terintregasi pada Pendidikan karakter religius berdoa saat memulai dan mengakhiri pembelajaran. Karakter intregitas berangkat ke sekolah saat luring dan hadir kelas google meet tepat waktu pukul 07.00 dan melaksankan tanggung jawab piket yang disepakati secara bersama. Karakter Nasionalime bentuk kegiatan dalam pada saat mengucapkan Pancasila serta menyayikan lagu Indonesia Raya sebelum pembelajaran. Karakter gotong royong pada kegiatan pembelajaran bersama-sama memperhatikan pendidik mengajar secara seksama dan bentuk kegiatan pada group WA bentuk kerja sama orang tua guru dalam penugasan. Karakter madirian peserta didik membawa kebutuhan diri sendiri seperti pensil, bullpen, penggaris tanpa meminjam kepada teman sebangku yang lain. 2) Strategi pada pembentukan karkater melalui model pembelajaran terpadu terdiri dari keteladanan guru, pembiasaan, reward dan sanksi. Evaluasi pendidikan karakter melalui model pembelajaran terpadu terdiri dari kendala dan solusi. Kendala pada pendidikan karakter terdiri dari: penguasaan IT para pendidik belum sepenuhnya menguasi, kerja sama orang tua dalam pendampingan pembelajaran daring yang kurang dengan berbagai pekerjaan orang tua, fasilitas pribadi peserta didik dalam pembelajaran daring yang berbeda-beda. Solusi yang diberikan yakni menyediakan fasilitas untuk para peserta didik datang ke sekolah ketika materi dan tugas yang disampaikam kurang memahi dalam group wa, adanya kegiatan rutitan dalam KKG untuk memperkaya ilmu dalam mengajar peserta didik, tidak terlalu sering mengadakan kegiatan pembelajaran daring

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan karakter, Model Pembelajaran Terpadu, Era digital
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > L Education (General) > LMO Model Pembelajaran
Divisions: Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar
Depositing User: mr magang UM
Date Deposited: 08 Aug 2023 03:05
Last Modified: 08 Aug 2023 03:15
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/4245

Actions (login required)

View Item View Item