Widodo, Resky Eko (2019) Pengembangan bahan ajar pendidikan antikorupsi pada pembelajaran IPS di SMP Negeri 2 Bululawang. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Dunia pendidikan menjadi salah satu pilar yang begitu penting dalam pembangunan manusia serta bertanggung jawab akan fenomena menjamurnya korupsi dilingkungan pemerintah dan masyarakat. Maka diperlukan sebuah bahan ajar yang mendukung untuk pembelajaran yang memperkenalkan dunia tentang antikorupsi serta nilai-nilai yang terkandung dalam antikorupsi. Kemudian bahan ajar ini terintegrasi dengan mata pelajaran IPS karena mempunyai kedekatan yang lebih menekankan pada kondisi nyata sehingga pembelajaran dapat bersifat kontekstual dan dapat menarik minat siswa. Tujuan penelitian pengembangan ini untuk menghasilkan bahan ajar pendidikan antikorupsi pada pembelajaran IPS yang valid, menarik, praktis, dan efektif yang dapat digunakan untuk siswa SMP kelas VIII. Model yang digunakan dalam penelitian dan pengembangan ini yaitu menggunakan model (Borg and Gall 1983). Model ini dalam tahapannya dinilai mudah dan sistematis untuk suatu proses penelitian pengembangan bahan ajar cetak. Model penelitian Borg and Gall 1983 menggunakan 10 langkah dalam pengembangan sebuah buku ajar yang terdiri dari (1) studi pendahuluan; (2) perencanaan; (3) pengembangan rancangan produk awal; (4) pengujian pada validasi ahli; (5) revisi berdasarkan hasil pengujian validasi; (6) pengujian skala kecil; (7) penyempurnaan produk berdasarkan hasil pengujian skala kecil; (8) pengujian dilapangan; (9) penyempurnaan produk akhir; (10) penyebaran hasil produk pengembangan. Kemudian data yang digunakan untuk penelitian ini adalah data kualitatif dan data kuantitatif. Data tersebut dianalisa dan dicocokkan berdasarkan kriteria kevalidan, kemenarikan, kepraktisan, dan keefektifan bahan ajar pendidikan antikorupsi. Dari hasil kevalidan sebuah produk yang berasal dari penilaian ahli materi, desain, dan bahasa diperoleh hasil nilai rata-rata sebesar 93% dan tergolong kriteria sangat valid. Hasil uji kemenarikan diperoleh berdasarkan uji kelompok kecil persentase rata-rata nilai sebesar 97,5% dan tergolong kriteria sangat menarik. Hasil uji kepraktisan berasal dari hasil angket respon siswa dan guru serta memperoleh persentase rata-rata nilai sebesar 86% dan tergolong sangat praktis. Selanjutnya hasil uji keefektifan berdasarkan hasil dari pretest maupun posttest hasil nilai rata-rata persentase sebesar 96% maka terjadi peningkatan dan tergolong kriteria sangat efektif. Berdasarkan hasil tersebut bahan ajar dapat dikatan valid, menarik, praktis serta efektif dapat dipakai dalam kegiatan pembelajaran. Kesimpulan berdasarkan dari hasil penelitian ini yaitu guru dan siswa sangat membutuhkan bahan ajar pendidikan antikorupsi pada mata pelajaran IPS, sebab bahan ajar ini belum banyak ditemukan dalam pembelajaran di sekolah dan secara umum draft pengembangan bahan ajar dinilai baik oleh siswa, guru serta dosen pembimbing. Selanjutnya saran yang diberikan untuk penelitian pengembangan selanjutnya ialah penelitian ini masih banyak kelemahan dalam pengembangan produk bahan ajar pendidikan antikorupsi sehingga bagi peneliti-peneliti selanjutnya dapat melakukan penelitiannya untuk lebih sempurna lagi
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengembangan bahan ajar, Pendidikan anti korupsi |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > L Education (General) > LMO Model Pembelajaran |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar |
Depositing User: | mr magang UM |
Date Deposited: | 08 Aug 2023 02:40 |
Last Modified: | 08 Aug 2023 02:40 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/4243 |
Actions (login required)
View Item |