Analisis kebutuhan pelatihan untuk meningkatkan kompetensi karyawan di PDAM Kota Malang / Rahmansyah Dwi Tafenda - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis kebutuhan pelatihan untuk meningkatkan kompetensi karyawan di PDAM Kota Malang / Rahmansyah Dwi Tafenda

Tafenda, Rahmansyah Dwi (2017) Analisis kebutuhan pelatihan untuk meningkatkan kompetensi karyawan di PDAM Kota Malang / Rahmansyah Dwi Tafenda. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Tafenda Rahmansyah. D. 2016. AnalisisKebutuhanPelatihanuntukMeningkatkanKompetensiKaryawan di PDAM Kota Malang.Skripsi Program StudiManajemenSumberDayaManusia JurusanManajemen FakultasEkonomi UniversitasNegeri Malang. Pembimbing (I) Elfia Nora S.E. M.Si (II) Drs. H. Muhammad Arief M.Si. Kata kunci AnalisisKebutuhan Pelatihan KompetensiKaryawan Sumberdayamanusiamerupakansalahsatusumberdayapenting yang dimilikisetiaporganisasidankeberhasilannyaditentukanolehkualitassumbardayamanusiaataukaryawan yang ada di dalamnya.PDAM Kota Malang berupayauntukselalumeningkatkankualitaspelayanankepadapelanggannya.Pembinaan pendidikan danpelatihan yang telahdiberikanoleh PDAM Kota Malang kepadakaryawannyamerupakansalahsatuupayauntukmelihatkualitasdanmeningkatkankompetensi.Berdasarkanpenjelasantersebut penelitiinginmengetahuiapakah program pelatihan yang telahdiberikankepadakaryawan di PDAM sudahmelaluianalisiskebutuhanpelatihan.Penelitianinibertujuanuntuk (1) Mengidentifikasikebutuhanpelatihan (2) Program pelatihanapa yang dibutuhkanolehkaryawanuntukmeningkatkankompetensi (3) Kendala yang dihadapisaatpelaksanaan proses analisiskebutuhanpelatihankaryawan. Penelitianinimenggunakanteknikpengumpulan datadengancaramengumpulkaninformasidan datadalampengambilansampel yang tidakmembatasiinformanuntukpengumpulan datasampaidirasacukup. Pengujiankelayakaninstrumenmenggunakantekniktrianggulasi data.Dalampengumpulan data dilakukandenganwawancara observasi dokumentasi denganmenggunakanteknikanalisissnowball sampling. Hasildaripenelitianinimenunjukkanbahwa (1) program pelatihan yang dibutuhkanolehkaryawan PDAM Kota Malang untukdapatmeningkatkankompetensi dilakukandenganmenganalisiskebutuhanpelatihanmenggunakananalisis GAP (2) Hasilmenunjukanbahwauntukmengetahuikebutuhanpelatihankaryawandenganmemberikanpertanyaanseputarperusahaandalam proses pendekatan yang sistematis (3) terdapatberbagaikendala yang dihadapidalam proses analisiskebutuhanpelatihanmeliputiwaktu fasilitas bahandankomposisinya filosofi personal danorganisasi (4) jangkawaktupelatihanpadakaryawan yang tidakpasibahkancenderungmemerlukanjangkawaktu yang lama (5) fasilitas yang kurangmemadaidalammenunjangjalannyapelaksanaanpelatihan. Saran yang dapatdiberikanolehpenelitiberdasarkanhasilpenelitianiniialah (1) metodepelaksanaan program pelatihan yang dilakukanhendaknyalebihterarah (2) hasildarikebutuhanpelatihandapatdikomunikasikandenganlebihbaikpadakaryawan agar terhindardarikendaladanhambatansaat proses pelatihan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Manajemen
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 01 Mar 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/31940

Actions (login required)

View Item View Item