Auliaurrohman, Risqi Aditya (2023) Peningkaan motivasi belajar sejarah melalui model pembelajaran sramble pada materi demokrasi terpimpin di kelas x akuntansi smk pgri turen / Risqi Aditya Auliaurrohman. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Peningkatan Motivasi Belajar Sejarah Melalui Model Pembelajaran Scramble Pada Mteri Demokrasi Terpimpin di Kelas X Akuntansi SMK PGRI TUREN Risqi Aditya Auliaurrohman1 Ari Sapto2 Universitas Negeri Malang Jalan Semarang No. 5 Malang 65145 students.um.ac.id Universitas Negeri Malang Jalan Semarang No.5 Malang 65145 ari.sapto.fis um.ac.id Abstract The use of varied learning models in history subjects aims to overcome the problems of learning history in class X Accounting at SMK PGRI Turen. One of these learning models is the Scramble learning model with Guided Democracy material which aims to increase students motivation and learning outcomes in history subjects. This study uses a Classroom Action Research (CAR) research model. Based on the pre-test and post-test results student motivation obtained a percentage of 59% to 73% and achieved an increase in the average score from 75 to 84 above the minimum completeness score (KKM) so it can be said that the Scramble learning model is very effective for applied to history learning. Keywords Scramble Classroom Action Research Student motivation history learning. Abstrak KualitasPenggunaan model pembelajaran yang bervariasi pada matapelajaran sejarah bertujuan untuk mengatasi masalah pembelajaran sejarah yang ada di kelas X Akuntansi SMK PGRI Turen. Salah satu Model pembelajaran tersebut yaitu model pembelajaran Scramble dengan materi Demokrasi Terpimpin yang bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa dalam matapelajaran sejarah. Penelitian ini menggunakan model penelitian Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Berdasarkan uji coba hasil pre-test dan post-tes motivasi siswa diperoleh presentase sebesar 59% menjadi 73% dan mencapai peningkatan rata-rata nilai dari 75 meningkat menjadi 84 diatas nilai ketuntasan minimal (KKM) sehingga dapat dikatakan model pembelajaran Scramble sangat efektif untuk diterapkan pada pembelajaran sejarah Kata kunci Scramble Penelitian Tindakan Kelas Motivasi Siswa Pembelajaran Sejarah
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) > LMO Model Pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sejarah (SEJ) > S1 Pendidikan Sejarah |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 01 Jul 2023 04:29 |
Last Modified: | 23 Sep 2024 07:44 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/317608 |
Actions (login required)
View Item |