Implementasi model pembelajaran problem based learning (pbl) pada matapelajaran ppkn untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas vii smp negeri 17 malang / Kharisma Rizqi Fadhlail - Repositori Universitas Negeri Malang

Implementasi model pembelajaran problem based learning (pbl) pada matapelajaran ppkn untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas vii smp negeri 17 malang / Kharisma Rizqi Fadhlail

Fadhlail, Kharisma Rizqi Fadhlail (2023) Implementasi model pembelajaran problem based learning (pbl) pada matapelajaran ppkn untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas vii smp negeri 17 malang / Kharisma Rizqi Fadhlail. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian bertujuan untuk menentukan berbagai cara untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas VII SMP Negeri 17 Kota Malang pada mata pelajaran hukum perdata dengan menggunakan model pembelajaran berbasis masalah (PBL). Siswa kelas VII D dari SMP Negeri 17 Malang yang terdiri dari 40 siswa adalah subjek penelitian. Data yang dikumpulkan mencakup temuan dari guru siswa dan siswa. Studi tindakandilakukan dalam dua siklus. Setiap siklus memiliki empat tahapan perencanaan tindakan pengamatan (observasi) dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penelitian ini dianggap berhasil jika minimal 85% siswa mendapat nilai minimal 65 poin. Pada siklus I siswa mencapai hasil belajar 62 5% dengan nilai rata-rata 67 13 dan pada siklus II siswa mencapai hasil belajar 87 5% dengan nilai rata-rata 77 88. Hasil ini jelas menunjukkan bahwa tingkat keberhasilan Siklus 1 tidak terpenuhi dan bahwa hasil belajar Siklus 2 memenuhi harapan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General) > LMO Model Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Hukum dan Kewarganegaraan (HKn) > S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn)
Depositing User: library UM
Date Deposited: 14 May 2023 04:29
Last Modified: 27 Sep 2024 07:11
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/316945

Actions (login required)

View Item View Item