Penggunaan model pembelajaran kooperatif teknik jigsaw dalam mata pelajaran pendidikan pancasila dan kewarganegaraan siswa kelas xi ips 2 sman 1 pandaan / Enrico Aldy Firmansyah - Repositori Universitas Negeri Malang

Penggunaan model pembelajaran kooperatif teknik jigsaw dalam mata pelajaran pendidikan pancasila dan kewarganegaraan siswa kelas xi ips 2 sman 1 pandaan / Enrico Aldy Firmansyah

Firmansyah, Enrico Aldy (2023) Penggunaan model pembelajaran kooperatif teknik jigsaw dalam mata pelajaran pendidikan pancasila dan kewarganegaraan siswa kelas xi ips 2 sman 1 pandaan / Enrico Aldy Firmansyah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kajian ini bertujuan mengidentifikasi dasar kendala dan memberikan sebuah upaya mengatasi kendala mengenai penggunaan model pembelajaran kooperatif teknik jigsaw di kelas XI IPS 2. Terdapat keunikan dalam penelitian ini yang menjadi perbedaan sebelumnya yakni kelas XI IPS 2 dinamika kelas yang beragam antara lain siswa yang memiliki sikap kurang menghargai guru pengampu PPKn ketika mengajar siswa tersebut keluar tanpa sepengetahuan dari guru dan namun ketika sesi kelompok yang sedang presentasi dan sesi tanya-jawab terdapat perdebatan dan sanggah-menyanggah secara intensif dan sengit antar kelompok . Penelitian ini menggunakan metode dan pendekatan kualitatif deskriptif. Sumber data peneliti yaitu data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data penelitian ini yaitu hasil wawancara observasi dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu reduksi data penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data yang digunakan peneliti yaitu triangulasi metode dan triangulasi sumber . Hasil penelitian menghasilkan bahwa pelaksanaan penggunaan model pembelajaran kooperatif teknik jigsaw digunakan dan dilaksanakan dengan cukup baik di kelas XI IPS 2 . Terdapat kendala dalam penggunaan model pembelajaran kooperatif teknik jigsaw di kelas XI IPS 2 antara lain karakteristik siswa dan kondisi kelas XI IPS 2 yang cenderung tidak kondusif siswa yang tidak aktif mengikuti diskusi kelompok perbedaan sebuah kemampuan penguasaan materi antara siswa 1 dan siswa lain dan siswa cenderung kurangnya literasi siswa saat membaca buku materi. Upaya guru yaitu memberikan sebuah kesepakatan dan inovasi pembelajaran kepada siswa agar menciptakan suasana yang menyenangkan dan kondusif menginstruksikan kepada ketua kelompok mencatat anggota siswa yang aktif dalam berpartisipasi diskusi guru membagikan kelompok secara acak bertujuan mendapatkan keseimbangan antara kelompok lain dan menerapkan kesepakatan kepada siswa untuk setiap awal pembelajaran dimulai menginstruksikan siswa membaca buku selama 10-15 menit.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General) > LMO Model Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Hukum dan Kewarganegaraan (HKn) > S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn)
Depositing User: library UM
Date Deposited: 03 Apr 2023 04:29
Last Modified: 27 Sep 2024 01:21
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/316928

Actions (login required)

View Item View Item