Afida, Afif Nur (2023) Peran guru ppkn dan tim penegak disiplin dalam meningkatkan kedisiplinan peserta didik di smp negeri 2 rengel kabupaten tuban / Afif Nur Afida. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kajian ini bertujuan mendeskripsikan peran guru PPKn dan Tim Penegak Disiplin dalam meningkatkan kedisiplinan peserta didik di SMP Negeri 2 Rengel Kabupaten Tuban hambatan Guru PPKn dan Tim Penegak Disiplin yang terjadi dalam meningkatkan kedisiplinan dan upaya guru PPKn dan Tim Penegak Disiplin mengatasi hambatan dalam meningkatkan kedisiplinan. Metode yang dipakai pada kajian ini adalah menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Teknik yang dipakai sebagai pengumpulan data dalam kajian ini berupa wawancara observasi serta dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang dipakai dalam kajian ini yaitu mengumpulkan data mereduksi data menyajikan data dan menarik kesimpulan. Hasil kajian menunjukkan bahwa (1) Peran Guru PPKn dan Tim Penegak Disiplin saling berkerja sama satu sama lain dalam meningkatkan kedisiplinan yaitu melakukan pembelajaran dengan menanamkan nilai-nilai Pancasila melakukan pendekatan khusus dengan memantau menegur dan menasehati peserta didik yang melanggar peraturan menindak secara langsung dan tegas baik perkataan maupun perbuatan dan membuat perjanjian dengan peserta didik jika peserta didik melanggar maka akan diberi tulak tuba atau satu kesalahan dibalas dengan satu kebaikan. (2) Hambatan yang dihadapi guru PPKn dan Tim Penegak Disiplin dalam meningkatkan kedisiplinan yaitu kondisi peserta didik dari segi pengawasan orang tua maupun segi ekonominya lingkungan keluarga dan lingkungan teman sebayanya yang memengaruhi perilaku peserta didik serta kurangnya memanajemen waktu. (3) Upaya guru PPKn dan Tim Penegak Disiplin mengatasi hambatan dalam meningkatkan kedisiplinan yaitu dengan melakukan pendekatan kepada orang tua dan peserta didik memberikan contoh perilaku disiplin bersikap tegas kepada peserta didik yang melanggar serta melakukan sosialisasi kepada peserta didik terkait dengan perjanjian penerapan kedisiplinan.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) > LMO Model Pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Hukum dan Kewarganegaraan (HKn) > S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 09 Jan 2023 04:29 |
Last Modified: | 23 Sep 2024 06:54 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/316892 |
Actions (login required)
View Item |