Pengaruh model pembelajaran problem based learning dan creative problem solving terhadap hasil belajar dan kemenarikan pada mata pelajaran teknologi dasar otomotif kelas x tkr di smkn 3 jombang / Zeferino Gomes - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh model pembelajaran problem based learning dan creative problem solving terhadap hasil belajar dan kemenarikan pada mata pelajaran teknologi dasar otomotif kelas x tkr di smkn 3 jombang / Zeferino Gomes

Zeferino Gomes (2023) Pengaruh model pembelajaran problem based learning dan creative problem solving terhadap hasil belajar dan kemenarikan pada mata pelajaran teknologi dasar otomotif kelas x tkr di smkn 3 jombang / Zeferino Gomes. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pembelajaran di sekolah dipengaruhi oleh banyak faktor salah satunya adalah model pembelajaran yang digunakan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan Creative Problem Solving (CPS) terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Teknologi Dasar Otomotif. Subjek penelitian adalah siswa kelas X TKR 1 dan X TKR 2 SMK Negeri 3 Jombang. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain pretest-posttest control group design. Subjek penelitian adalah siswa kelas X TKR 1 sebagai kelompok eksperimen 1 yang diberi perlakuan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan siswa kelas X TKR 2 sebagai kelompok eksperimen 2 yang diberi perlakuan model pembelajaran Creative Problem Solving (CPS). Data hasil belajar diperoleh dari nilai pretest dan posttest. Data dianalisis secara deskriptif kuantitatif menggunakan uji-t berpasangan (paired sample t-test) dan uji-t sampel bebas (independent sample t-test). Hasil uji statistik menunjukkan bahwa (1) model PBL dan CPS sama-sama berpengaruh terhadap peningkatan hasil belajar siswa (2) tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara pengaruh model PBL dan CPS terhadap hasil belajar (3) model PBL dan CPS sama-sama memiliki tingkat kemenarikan yang baik dalam proses pembelajaran. Berdasarkan hasil penelitian disarankan agar guru menerapkan model pembelajaran yang inovatif seperti PBL dan CPS untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Mesin (TM) > S1 Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: library UM
Date Deposited: 26 Mar 2023 04:29
Last Modified: 09 Sep 2023 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/314224

Actions (login required)

View Item View Item