Andarini, Dwi Putri (2023) Pengaruh self regulated learning dan motivasi belajar terhadap hasil belajar mahasiswa prodi s1 pendidikan feb um / DWI PUTRI ANDARINI. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui sejauh mana variabel Self Regulated Learning dan motivasi belajar dapat mempengaruhi hasil belajar mahasiswa mahasiswa prodi S1 pendidikan FEB UM setelah peralihan kegiatan belajar yang awalnya dilaksanakan secara online kemudian dilaksanakan secara offline (tatap muka). Penelitian ini menggunakan desain penelitian jenis kuantitatif eksplanasi. Populasi pada penelitian ini yaitu seluruh mahasiswa prodi S1 pendidikan FEB UM angkatan 2019 2020 dan 2021. Diambil sampel sebanyak 301 mahasiswa dengan menggunakan teknik purposive sampling. Penelitian ini menggunakan regresi linier berganda untuk pengujian hipotesisnya. Hasil temuan penelitian ini bisa disimpulkan seperti dibawah ini (1) self regulated learning berpengaruh terhadap hasil belajar mahasiswa prodi S1 pendidikan FEB UM. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa mahasiswa prodi S1 Pendidikan FEB UM mempunyai kontrol diri yang baik untuk mengatur dan mengarahkan kegiatan proses belajarnya secara mandiri setelah beralih dari pembelajaran secara online ke pembelajaran secara tatap muka. Sehingga dapat disimpulkan semakin baik tingkat SRL mahasiswa prodi S1 Pendidikan FEB UM maka hasil belajar yang diperoleh mahasiswa prodi S1 Pendidikan FEB UM juga akan semakin optimal. (2) Hasil temuan ini mengartikan bahwa motivasi belajar tidak berpengaruh terhadap hasil belajar mahasiswa prodi S1 pendidikan FEB UM. Hasil temuan ini mengindikasi bahwa tinggi atau rendahnya hasil belajar yang diperoleh mahasiswa prodi S1 pendidikan FEB UM tidak bisa dilihat oleh tingkat motivasi belajarnya saja. Pada penelitian ini terdapat faktor lain selain faktor motivasi belajar yang kemungkinan dapat mempengaruhi hasil belajar.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) > LMO Model Pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 26 Oct 2023 04:29 |
Last Modified: | 26 Sep 2024 06:55 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/313511 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |