Pengaruh podcast dalam pjbl terhadap hasil belajar dan learning ownership siswa Kelas x SMA pada pembelajaran biologi / Elysa Firdiani - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh podcast dalam pjbl terhadap hasil belajar dan learning ownership siswa Kelas x SMA pada pembelajaran biologi / Elysa Firdiani

Firdiani, Elysa (2023) Pengaruh podcast dalam pjbl terhadap hasil belajar dan learning ownership siswa Kelas x SMA pada pembelajaran biologi / Elysa Firdiani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Hasil belajar siswa SMA swasta di Kabupaten Malang masih belum maksimal dan pembelajaran masih belum berpusat pada siswa. Peneliti menerapkan PjBL dengan produk podcast untuk mengetahui pengaruhnya terhadap hasil belajar dan Learning Ownership pada siswa. Penelitian menggunakan mixed methods eksplanatori. Data kuantitatif dianalisis dengan statistik parametrik dan non-parametrik data kualitatif dianalisis menggunakan analisis tematik koding. Penelitian dilakukan pada dua materi yaitu materi Virus dan materi Keanekaragaman Hayati. Populasi penelitian adalah siswa SMA Islam di Kabupaten Malang sejumlah 154 orang dengan sampel 30 orang kelas eksperimen dan 32 orang kelas kontrol. Tidak terdapat pengaruh PjBL terhadap hasil belajar kognitif di kedua materi. Terdapat pengaruh PjBL pada hasil belajar afektif dan hasil belajar psikomotorik tidak menunjukkan adanya perbedaan di kedua materi. Learning ownership pada kedua kelas memiliki perbedaan pada tingkat kepercayaan diri. Siswa di kelas eksperimen memiliki rasa percaya diri yang lebih tinggi dibandingkan siswa di kelas kontrol. Perlu ada studi mengenai kebutuhan media berdasarkan gaya belajar siswa supaya media yang diterapkan lebih optimal memberikan pengaruh.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General) > LMO Model Pembelajaran
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 25 Jan 2023 04:29
Last Modified: 27 Sep 2024 01:19
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/311794

Actions (login required)

View Item View Item