Implementasi metode amaba dalam pembelajaran membaca Al-qur'an pada anak tuna rungu di TPA iqro Nur Aini Banguntapan Bantul / Farodhiana Fisilky - Repositori Universitas Negeri Malang

Implementasi metode amaba dalam pembelajaran membaca Al-qur'an pada anak tuna rungu di TPA iqro Nur Aini Banguntapan Bantul / Farodhiana Fisilky

Fisilky, Farodhiana (2023) Implementasi metode amaba dalam pembelajaran membaca Al-qur'an pada anak tuna rungu di TPA iqro Nur Aini Banguntapan Bantul / Farodhiana Fisilky. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Fisilky Farodhiana. Implementasi Metode Amaba Dalam Pembelajaran Menghafal Al-Qur rsquo an Pada Anak Tuna Rungu Di Tpa Iqro rsquo Nur Aini Banguntapan Bantul. Skripsi Jurusan Pendidikan Luar Biasa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. Abdul Huda M.Pd (II) dr. Agung Kurniawan M.Kes Kata Kunci Metode AMABA Menghafal Al-Qur rsquo an Tunarungu Setiapmanusiamempunyaikedudukanyangsamadalamhaluntukmendapatkanpendidikandanpengajaran.Anakbekebutuhankhususjugamemilikihak dalam mendapatkan pendidikan dan pengajaran khususnya dalam menghafalAl-Qur rsquo an.MetodemenghafalAl-Qur rsquo anyangbaikakanmembantuAnakTunarungudalammenghafalAl-Qur rsquo an. Tujuan penelitian ini adalah 1) Mendeskripsikan perencanaan penerapan metode AMABA dalam pembelajaran menghafal Al-Qur rsquo an pada anak tunarungu di TPA Iqro rsquo Nur Aini Banguntapan Bantul 2) Menganalisis hasil penerapan dalam pembelajaran menghafal Al-Qur rsquo an metode AMABA pada anak tunarungu di TPA Iqro rsquo Nur Aini Banguntapan Bantul 3) Untuk mendeskripsikan kendala yang mempengaruhi penerapan metode AMABA di TPA Iqro rsquo Nur Aini Banguntapan Bantul. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk menggambarkan dan meringkas berbagai kondisi situasi atau fenomena realitas yang ada. Data-data dalam penelitian yang diperoleh dari wawancara observasi dan dokumentasi. Tekhnik analisis data pada penelitian ini menggunakan metode reduksi data penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses penerapan Metode A MA BA dalam menghafal Al-Qur rsquo an pada anak tunarungu di TPA Iqro rsquo Nur lsquo Aini harus melalui tahapan asesmen terlebih dahulu untuk mengetahui kemampuan anak dan ditindak lanjuti dengan terapi wicara. Hasilnya adalah anak tunarungu mendapatkan 6 keunggulan secara bersamaan yaitu anak bisa membaca tulisan arab anak bisamembaca tulisan latin anak bisa menulis dengan tulisan arab anak bisa menulistulisan latin kemampuan wicara meningkat dan anak juga bisa juga berisyarat. Berdasarkan hasil penelitian tersebut peneliti menyarankan agar menggunakan metode A MA BA sebagai alternatif pembelajaran membaca maupun menghafal Al-Qur rsquo an bagi penyandang tunarungu .

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General) > LMO Model Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Biasa(PLB) > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: library UM
Date Deposited: 30 Oct 2023 04:29
Last Modified: 23 Sep 2024 06:52
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/308500

Actions (login required)

View Item View Item