Duarawati, Diaz Duarawati (2023) Analisis model project based learning berbantuan mind map terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa pada materi mitigasi bencana alam / Diaz Duarawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Penelitian berawal dari kemampuan siswa untuk berpikir kreatif yang masih memiliki potensi untuk ditingkatkan. Keadaan ini akibat dari motivasi dan perhatian siswa yang kurang saat memecahkan masalah. Project based learning diciptakan guna mengembangkan kemampuan siswa dalam berpikir secara kreatif. Penelitian ini memiliki tujuan untuk menganalisis penggunaan model project based learning berbantuan mind map terhadap kemampuan siswa dalam berpikir secara kreatif. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen semu dengan desain pretest-posttest control group. Data yang dihasilkan kemudian dianalisis menggunakan uji hipotesis one way anova. Kelas eksperimen mempunyai nilai gain score 11 50 sedangkan kelas kontrol sebesar 5 51 yang menandakan jika nilai gain score dari kelas eksperimen lebih tinggi dari kelas kontrol. Sehingga ada perbedaan antara kelas eksperimen melebihi dari kelas kontrol. Hasil pengolahan data terdapat nilai sig (2-tailed) sebesar 0 000 lt 0 05 berarti hipotesis nihil (H0) ditolak. Berdasarkan dari hasil penelitian bisa disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model project based learning berbantuan mind map terhadap kemampuan berpikir secara kreatif siswa sesudah diberikan model project based learning berbantuan mind map.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) > LMO Model Pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 22 Aug 2023 04:29 |
Last Modified: | 24 Sep 2024 03:09 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/304098 |
Actions (login required)
View Item |