Fuddin, Hani (2023) Implementasi model pembelajaran earthcomm berbantuan webgis untuk meningkatkan geo-capability siswa SMA pada materi mitigasi bencana alam / Hani Fuddin</p>. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Indonesia merupakan salah satu negara dengan tingkat kerawanan bencana yang cukup tinggi. Terdapat banyak upaya untuk mengurangi risiko bencana salah satunya dari perspektif pendidikan. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan Geo-capability siswa melalui implementasi model pembelajaran EarthComm berbatuan WebGIS InaRisk pada materi mitigasi bencana alam. Kemampuan ini dapat mengembangkan kompetensi siswa dalam memahami risiko bencana dan upaya mitigasinya sebagai bekal untuk digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini termasuk dalam penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 1 Gondanglegi Kabupaten Malang dengan subjek penelitian siswa kelas XI IPS 3 dengan jumlah 28 siswa. Data penelitian diperoleh dari nilai siswa dengan melakukan observasi (non-tes) dan posttest. Hasil penelitian menunjukan terjadi peningkatan Geo-capability siswa. Peningkatan pada indikator kemampuan berpikir spasial sebesar 37% indikator kemampuan imajinasi Geografi sebesar 24% dan indikator kemampuan berpikir integratif manusia dengan lingkungan sebesar 19%. Model pembelajaran EarthComm berbantuan WebGIS InaRisk jika dilakukan secara maksimal dalam proses pembelajaran membantu siswa memahami materi mitigasi bencana alam dengan baik. Dengan demikian siswa akan memiliki pengetahuan terhadap bencana yang mengancam disekitarnya dan keterampilan dalam melakukan upaya mitigasi bencana. Sehingga kapabilitas ini dapat dijadikan sebagai bekal siswa untuk dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) > LMO Model Pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 13 Jul 2023 04:29 |
Last Modified: | 27 Sep 2024 03:12 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/304071 |
Actions (login required)
View Item |