Pengaruh implementasi model pembelajaran e-learning berbasis class dojo terhadap hasil belajar mata pelajaran basis data siswa kelas xi prodi rpl di smkn 5 malang / Bima Setya Avira - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh implementasi model pembelajaran e-learning berbasis class dojo terhadap hasil belajar mata pelajaran basis data siswa kelas xi prodi rpl di smkn 5 malang / Bima Setya Avira

Avira, Bima Setya (2023) Pengaruh implementasi model pembelajaran e-learning berbasis class dojo terhadap hasil belajar mata pelajaran basis data siswa kelas xi prodi rpl di smkn 5 malang / Bima Setya Avira. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pembelajaran e-learning merupakan model pembelajaran alternatif yang dilakukan guru dan siswa secara tidak langsung menggunakan perangkat komputer atau perangkat mobile dalam koneksi jaringan internet. Hasil belajar siswa kelas XI RPL di SMKN 5 Malang terlihat rendah dikarenakan model pembelajaran e-learning yang telah diterapkan sebelumnya belum maksimal dan motivasi belajar siswa yang rendah. Penelitian ini menerapkan model pembelajaran e-learning berbasis Class Dojo yang bertujuan untuk mengetahui proses penerapan e-learning menganalisa dan membedakan hasil belajar siswa sebelum dan setelah diajar dengan model pembelajaran ini. Metode penelitian menggunakan metode eksperimen kuantitatif yang diukur dengan menggunakan 2 instrumen penelitian berupa instrumen perlakuan berupa ATP (silabus) modul ajar (RPP) modul Class Dojo dan LKPD serta instrumen pengukuran berupa tes dan non tes. Hasil penelitian yang didapatkan bahwa hasil belajar siswa yang diajar melalui model pembelajaran e-learning lebih tinggi daripada hasil belajar siswa yang diajar melalui pembelajaran secara tatap muka dimana pada selisih nilai pre test dan post test siswa secara e-learning sebesar 9.82 poin dan selisih nilai pre test dan post test siswa secara tatap muka sebesar -3.15. Kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa siswa yang diajarkan dengan metode e-learning menunjukkan peningkatan hasil belajar dibandingkan dengan siswa yang diajarkan dengan metode secara tatap muka.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General) > LMO Model Pembelajaran
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 02 Aug 2023 04:29
Last Modified: 25 Sep 2024 06:23
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/301756

Actions (login required)

View Item View Item