Andini, Fahrany Wahyu Andini (2023) Penerapan model pembelajaran ricosre berbantuan scaffolding untuk meningkatkan keterampilan pemecahan masalah dan hasil belajar kognitif siswa kelas x-2 sma negeri 6 malang / Fahrany Wahyu Andini. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Tujuan penelitian ini yakni untuk meningkatkan keterampilan pemecahan masalah dan hasil belajar kognitif siswa kelas X-2 SMAN 6 Malang. Materi yang digunakan yakni Ekosistem dan Bioteknologi. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subyek penelitian ini adalah kelas X-2 tahun ajaran 2022/2023 semester genap. Instrumen penelitian antara lain soal tes esai keterampilan pemecahan masalah dan hasil belajar yang telah dilakukan uji validitas dan reliabilitas sebelumnya. Penelitian ini memperoleh hasil bahwa terdapat peningkatan terhadap keterampilan pemecahan masalah dengan skor siklus I diperoleh rerata skor sebesar 79% dan siklus II sebesar 84% dengan kategori skor gain sebesar 0.45 termasuk kategori sedang. Kemudian terdapat peningkatan pada hasil belajar kognitif dengan skor siklus I diperoleh rerata skor sebesar 74.4 dan naik menjadi 82 3 pada siklus II dengan skor gain sebesar 0 31 termasuk kategori sedang. Disimpulkan bahwa model pembelajaran RICOSRE berbantuan scaffolding dapat meningkatkan keterampilan pemecahan masalah masalah dan hasil belajar kognitif siswa SMA Negeri 6 Malang.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > L Education (General) > LMO Model Pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Pendidikan Biologi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 19 Aug 2023 04:29 |
Last Modified: | 24 Sep 2024 07:20 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/299048 |
Actions (login required)
View Item |