Auliasari, Dian Rafa (2023) Penerapan model problem based learning melalui pendekatan kontekstual mampu meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar kognitif siswa sma panjura malang / Dian Rafa Auliasari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Perkembangan abad XXI ditandai dengan adanya integrasi oleh era globalisasi yang memberikan perubahan total pada berbagai bidang salah satunya pada bidang pendidikan sehingga menjadikan pendidikan sebagai faktor penting dalam penjaminan siswa memiliki keterampilan abad XXI dalam pembelajaran di sekolah. Salah satu keterampilan yang wajib dikuasai pada abad XXI adalah keterampilan berpikir kritis. Kenyataannya penerapan keterampilan berpikir kritis pada pembelajaran di sekolah terkhusus mata pelajaran Biologi masih belum optimal dilaksanakan. Kondisi rendahnya keterampilan berpikir kritis tersebut juga terjadi di SMA Panjura Malang salah satu SMA swasta di Kota Malang dengan akreditasi A. Hasil tes pendahuluan menunjukkan bahwa keterampilan berpikir kritis siswa masih berada pada kategori rendah. Keterampilan berpikir kritis yang kurang juga berpengaruh terhadap hasil belajar kognitif siswa. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian yaitu deskriptif kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan yaitu Penelitian Tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan model Problem Based Learning melalui Pendekatan Kontekstual. Data penelitian ini dikumpulkan dengan metode wawancara observasi tes dan dokumentasi. Data yang dikumpulkan pada penelitian ini berupa data keterlaksanaan model PBL melalui pendekatan kontekstual keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar kognitif. Data keterlaksanaan model PBL melalui pendekatan kontekstual diperoleh dari lembar keterlaksanaan model PBL melalui pendekatan kontekstual. Data keterampilan berpikir kritis diperoleh melalui tes keterampilan berpikir kritis bentuk uraian. Data hasil belajar kognitif diperoleh melalui soal hasil belajar kognitif bentuk pilihan ganda. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan triangulasi data. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan pada keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar kognitif siswa kelas XI MIPA SMA Panjura Malang. Persentase keterampilan berpikir kritis sebesar 75 20% pada siklus I dan pada siklus II sebesar 78 54%. Hasil belajar kognitif menunjukkan ketuntasan klasikal pada siklus I sebesar 75% dan terjadi peningkatan pada siklus II sebesar 10%. Berdasarkan hasil tersebut pembelajaran dengan menerapkan model PBL melalui pendekatan kontekstual dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar kognitif siswa.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) > LMO Model Pembelajaran Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Pendidikan Biologi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 15 Aug 2023 04:29 |
Last Modified: | 26 Sep 2024 04:09 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/299046 |
Actions (login required)
View Item |