Damayanti, Beatric Alfira (2023) Pengembangan LKPD dengan model pembelajaran DBR (daur belajar representasi) berbasis pemahaman konsep kimia, representasi kimia, dan kompetensi representasi pada materi laju reaksi / Beatric Alfira Damayanti</p>. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kimia adalah salah satu bidang ilmu pengetahuan alam yang mempelajari materi. Mata pelajaran ini memiliki karakteristik abstrak sehingga banyak siswa sering merasa kesulitan. Salah satu materi yang memiliki konsep abstrak adalah laju reaksi yang mempelajari materi submikroskopik. Oleh karena itu perlu dilakukan modifikasi dalam pembelajaran laju reaksi agar pemahaman konsep dapat tercapai. Tujuan adanya penelitian pengembangan ini adalah untuk mengetahui kelayakan LKPD laju reaksi dengan model pembelajaran DBR berbasis pemahaman konsep kimia representasi kimia dan kompetensi representasi. Metode penelitian ini menggunakan metode R amp D (Research and Development) dengan model pengembangan 4D (define design develop dessiminate). Namun pada penelitian ini hanya dilakukan hingga tahap 3-D (define design develop) karena keterbatasan waktu dan dana. Pada tahap pengembangan dilakukan validasi oleh validator ahli oleh dosen departemen kimia Universitas Negeri Malang dan guru kimia SMA Negeri 1 Singosari. Setelah itu dilakukan uji keterbacaan dengan subjek penelitian dari siwa kelas XI IPA B di SMA Negeri 1 Singosari. Data kuantitatif didapatkan dari hasil validasi LKPD dan angket uji coba. Data kualitatif didapatkan dari kritik komentar dan saran dari validator maupun siswa. Hasil penelitian dari pengembangan LKPD laju reaksi reaksi dengan model pembelajaran DBR berbasis pemahaman konsep kimia representasi kimia dan kompetensi representasi ini diperoleh bahwa kelayakan LKPD yang dikembangkan dalam kategori sangat layak. Hal ini ditunjukkan dengan hasil validasi oleh validator ahli oleh dosen departemen kimia Universitas Negeri Malang dan guru kimia SMA Negeri 1 Singosari sebesar 82% dan uji keterbacaan kepada siswa kelas XI IPA B di SMA Negeri 1 Singosari sebesar 91%. Berdasarkan hasil yang diperoleh LKPD Laju Reaksi dengan model pembelajaran Daur Belajar Representasi ini berada pada kriteria sangat layak dan penelitian ini dapat dilanjutkan ke tahap Dessiminate.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) > LMO Model Pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S1 Pendidikan Kimia |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 20 Jul 2023 04:29 |
Last Modified: | 24 Sep 2024 02:19 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/298876 |
Actions (login required)
View Item |