Pengembangan e-module interaktif fisika berbasis problem based learning (pbl) pada materi alat optik / HAMMAM RAHARDJA ABDILLAH - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan e-module interaktif fisika berbasis problem based learning (pbl) pada materi alat optik / HAMMAM RAHARDJA ABDILLAH

Abdillah, Hammam Rahardja (2023) Pengembangan e-module interaktif fisika berbasis problem based learning (pbl) pada materi alat optik / HAMMAM RAHARDJA ABDILLAH. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berupa e-module interaktif dengan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) pada materi alat optik yang valid dan efektif meningkatkan hasil belajar siswa. Melalui e-module yang peneliti kembangkan didalamnya terdapat kegiatan pembelajaran dengan model Problem Based Learning (PBL) untuk memahami cara kerja alat optik. Metode penelitian yang dikembangkan adalah Research and Development (RnD) dengan model 4D (Define Design Develop dan Disseminate). Subjek penelitian ini adalah 60 siswa kelas XI jurusan IPA SMA Negeri 9 Malang. Penelitian ini menerapkan 2 jenis kelas kelas eksperimen dengan pengimplementasian e-module dan kelas kontrol menggunakan proses pembelajaran konvensional dari sekolah. Data hasil penelitian berupa data kuantitatif dan kualitatif yang didapatkan dari hasil validasi e-module dan soal pretest serta posttest oleh validator ahli uji kepraktisan oleh siswa kelas XI dan hasil pretest serta posttest oleh kelas X. Hasil validasi media e-module sebesar 3 50 yang artinya e-module valid tanpa perbaikan. Hasil uji kepraktisan e-module diperoleh 91% yang artinya e-module praktis tanpa perbaikan. Lalu untuk validasi soal diperoleh nilai 3 81 yang artinya valid tanpa perbaikan. Pada hasil uji empiris didapatkan 15 soal valid untuk pretest dan posttest. Kemudian dilakukan uji reliabilitas didapatkan hasil soal pretest sebesar 0 914 dan soal posttest adalah 0 815 yang artinya keduanya reliabel. Selanjutnya pada uji n-gain score didapatkan hasil pada kelas eksperimen 0 8 yang termasuk dalam kriteria tinggi dan pada kelas kontrol didapatkan nilai sebesar 0 6 yang termasuk dalam kriteria sedang. Pada hasil uji Mann-Whitney U ditemukan nilai signifikansi sebesar 0 032 yang mana kurang dari 0 05. Sehingga dari analisis data tersebut dapat ditarik kesimpulkan bahwa terjadi perbedaan secara signifikan terhadap peningkatan hasil belajar siswa yang memakai e-module interaktif dengan bahan ajar sekolah. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa e-module interaktif yang dikembangkan termasuk produk yang layak yaitu valid praktis serta cukup efektif untuk digunakan.E-module interaktif ini dapat diakses melalui berbagai perangkat namun masih hanya dapat diakses secara online.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General) > LMO Model Pembelajaran
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 15 Aug 2023 04:29
Last Modified: 27 Sep 2024 07:10
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/298613

Actions (login required)

View Item View Item