Azzahra, Ayu Fatimah (2023) Pengembangan e-module dengan scaffolding dan multirepresentasi pada momentum dan impuls / Ayu Fatimah Azzahra</p>. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan e-module dengan scaffolding dan multirepresenrasi pada momentum dan impuls yang valid dan efektif. Metode penelitian yang dikembangkan adalah Research and Development (R amp D) dengan model 4D (Define Design Develop dan Disseminate). Subjek penelitian ini adalah 60 siswa kelas X jurusan IPA SMA Negeri 1 Singosari. Penelitian ini menerapkan 2 jenis kelas kelas eksperimen dengan pengimplementasian e-module dan kelas kontrol menggunakan buku paket dari sekolah. Data hasil penelitian berupa data kuantitatif dan kualitatif yang didapatkan dari hasil validasi e-module dan soal pretest serta posttest oleh validator ahli uji kepraktisan oleh siswa kelas XI dan hasil pretest serta posttest oleh kelas X. Hasil validasi media e-module sebesar 3 67 yang artinya e-module valid tanpa perbaikan. Hasil uji kepraktisan e-module diperoleh 86% yang artinya e-modul praktis tanpa perbaikan. Lalu untuk validasi soal diperoleh nilai 3 78 yang artinya valid tanpa perbaikan. Pada hasil uji empiris didapatkan 12 soal valid untuk pretest dan posttest. Kemudian dilakukan uji reliabilitas didapatkan hasil soal pretest sebesar 0 873 dan soal posttest adalah 0 849 yang artinya keduanya reliabel. Selanjutnya pada uji n-gain score didapatkan hasil pada kelas eksperimen 0 64224 dan pada kelas kontrol didapatkan nilai sebesar 0 56114 yang artinya kedua kelas masuk dalam kriteria sedang. Implikasi serta rekomendasi dalam penelitian dijelaskan lebih lanjut di dalam artikel ini.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) > LMO Model Pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 26 Jul 2023 04:29 |
Last Modified: | 25 Sep 2024 03:44 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/298483 |
Actions (login required)
View Item |