Damastuti, Heni (2023) Peningkatan motivasi belajar literasi melalui metode steinberg di kelompok B TK Pertiwi Kembangarum Kabupaten Blitar / Heni Damastuti</p>. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan peneliti di lapangan diketahui bahwa masalah yang paling mendasar yang dikeluhkan oleh anak adalah anak merasa bosan dan jenuh dengan proses pembelajaran literasi. Kurangnya motivasi dan juga semangat dalam membaca membuat anak menjadi cenderung diam dan bermain sendiri. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan motivasi belajar literasi melalui metode Steinberg. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif yang bertujuan untuk mengetahui peningkatan motivasi belajar literasi. Metode pembelajaran yang diterapkan adalah metode Steinberg. Hasil analisis data menunjukkan bahwa pada pra tindakan memperoleh rata-rata sebesar 43 51 menunjukkan bahwa kemampuan motivasi belajar literasi masih kurang. Berdasarkan data tersebut maka diadakan penelitian pada siklus I dengan hasil skor ketercapaian kelas cukup meningkat memperoleh rata-rata motivasi belajarnya sebesar 54 33. Dikarenakan hasil tersebut belum mencapai skor ketercapaian kelas yang ditetapkan maka dilanjutkan dengan siklus II memperoleh rata-rata motivasi belajarnya 88 64 dengan kriteria sangat baik. Jadi dapat diketahui bahwa peningkatan motivasi belajar literasi dari kegiatan Pratindakan ke siklus I sebesar 10 82. Siklus I menuju siklus II terjadi peningkatan sebesar 77 82.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) > LMO Model Pembelajaran Q Science > QP Physiology |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 04 Jul 2023 04:29 |
Last Modified: | 24 Sep 2024 03:48 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/295463 |
Actions (login required)
View Item |