Pengembangan modul mengelola pertemuan rapat berbasis guided inquiry pada kompetensi dasar mempersiapkan pertemuan rapat untuk meningkatkan hasil belajar (studi pada siswa kelas X Administrasi perkantoran SMK Negeri 2 Kediri) / Arsyad Darmawan

Darmawan, Arsyad (2018) Pengembangan modul mengelola pertemuan rapat berbasis guided inquiry pada kompetensi dasar mempersiapkan pertemuan rapat untuk meningkatkan hasil belajar (studi pada siswa kelas X Administrasi perkantoran SMK Negeri 2 Kediri) / Arsyad Darmawan. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Darmawan, Arsyad. 2017. PengembanganModulMengelolaPertemuan/RapatBerbasis Guided Inquiry padaKompetensiDasarMempersiapkanPertemuan/RapatuntukMeningkatkanHasilBelajar(StudipadaKelas X AdministrasiPerkantoran SMK Negeri 2 Kediri).Skripsi, Program Studi S1 PendidikanAdministrasiPerkantoran, JurusanManajemen, FakultasEkonomi, UniversitasNegeri Malang. PembimbingDr. HenyKusdiyanti, S.Pd, M.M. Kata Kunci :ModulMengelolaPertemuan/Rapat, Guided Inquiry, HasilBelajar Berdasarkanhasilwawancaradengan guru matapelajaranMengelolapertemuan/rapatdanobservasi di SMK Negeri 2 Kediri, belumtersedianyamodulpembelajarantentangmenyelenggarakanPertemuan/Rapatsertabahan ajar yang tersusunsesuaikurikulumtingkatsatuan (KTSP).Berdasarkanpotensi yang ada di sekolah, makadilakukanpenelitiandanpengembanganmodulpembelajaranMengelolaPertemuan/RapatberbasisGuided InquirygunaMenciptakansuasanabelajarbarudanmeningkatkanhasilbelajarsiswa. Jenispenelitian yang digunakanadalahpenelitianpengembangan (Research and Development)olehBorgdan Gall dengansepuluhlangkah, yaitu: (1) Research and Information collecting, (2) Planning, (3) Develop Preliminary From of Product, (4) Preliminary Field Testing, (5) Main Product Revision, (6) Main Field Testing, (7) Operational Field Revision, (8) Final Product Testing. (9) Final Product Revision. (10) Dissemination and Implementation.Validasi media dilakukanoleh 1 ahlimateri, 1 ahlimodul,6siswaujicobalanganganterbataskelas X APK 1 dan 38 siswaujicobapemakaiankelas X APK 2. Peningkatanhasilbelajardapatdilihatdarinilaipost testsiswakelaseksperimenyang menggunakanmoduldankelaskontrol yang melakukanpembelajaranumum. Hasilvalidasiahlimaterisebesar 85.61% danvalidasiahlimodulsebesar 87.53%. Dari keduahasilvalidasitersebut, makadapatdisimpulkanbahwamodulmengelolapertemuan/rapatvalid dan dapatdigunakanuntukujicobapemakaian. Sedangkanhasilujicobapemakaiansebesar 93,55% yang berartimodulsudahvalid dan dapatdigunakanuntukskala yang lebihluas. Kesimpulandaripenelitianpengembanganiniadalahadanyaperbedaan rata-rata hasilbelajarkelaseksperimendankelaskontrol. Rata-rata nilaikelasekperimen yang mengunakanmodulpembelajaranadalah 80,73dan rata-rata nilaikelaskontrol yang tidakmenggunakanmodulpembelajaranadalah70,49 yang berartimodulmengelolapertemuanataurapatberbasisGuided Inquirypadakompetensidasarmenyelanggarakanpertemuanataurapatyang dikembangkanmampumeningkatkanhasilbelajarsiswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi (FE) > Jurusan Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 30 Apr 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/29296

Actions (login required)

View Item View Item