Implementasi pendekatan analisis nilai dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam sebagai upaya mengatasi radikalisme sikap keagamaan di kalangan mahasiswa - Repositori Universitas Negeri Malang

Implementasi pendekatan analisis nilai dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam sebagai upaya mengatasi radikalisme sikap keagamaan di kalangan mahasiswa

Kholidah, Lilik Nur Implementasi pendekatan analisis nilai dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam sebagai upaya mengatasi radikalisme sikap keagamaan di kalangan mahasiswa. In: Proseding Deradikalisasi Wacana dan Perilaku Keagamaan, Membumikan Islam Rahmatan Lil Alaamin.

[img] Text
fullteks.pdf

Download (131kB)

Abstract

Abstrak: Radikalisasi sikap keagamaan menjadi tantangan penyelenggaraan pendidikan Islam di tengah kehidupan berbangsa yang plural. Untuk itu, Proses pembelajaran pendidikan agama Islam di lembaga pendidikan tinggi, sebagai wahana strategis transformasi nilai-nilai ajaran agama Islam perlu diarahkan pada proses deradikalisasi. Penerapan pendekatan analisis nilai menjadi salah satu upaya strategi deradikalisasi sikap keagamaan dikalangan mahasiswa. Melalui penerapan pendekatan analisis nilai, mahasiswa dapat membangun sikap-sikap positif sebagai manifestasi terbangunnya pemahaman keagamaan yang utuh dan integral. Kata-kata Kunci: Pendekatan Analisis Nilai, Radikalisme, Sikap keagamaan

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Subjects: L Education > L Education (General) > LMO Model Pembelajaran
Depositing User: Library UM
Date Deposited: 23 May 2023 06:49
Last Modified: 23 May 2023 06:49
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/2920

Actions (login required)

View Item View Item