Pengaruh kondisi sosial ekonomi orang tua dan prestasi belajar siswa terhadap minat siswa untuk melanjutkan studi ke perguruan tinggi (studi pada siswa kelas XII APK SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen) / Dewi Rahmawati - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh kondisi sosial ekonomi orang tua dan prestasi belajar siswa terhadap minat siswa untuk melanjutkan studi ke perguruan tinggi (studi pada siswa kelas XII APK SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen) / Dewi Rahmawati

Rahmawati, Dewi (2015) Pengaruh kondisi sosial ekonomi orang tua dan prestasi belajar siswa terhadap minat siswa untuk melanjutkan studi ke perguruan tinggi (studi pada siswa kelas XII APK SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen) / Dewi Rahmawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Rahmawati Dewi. 2015. PengaruhKondisiSosialEkonomi Orang Tua Dan PrestasiBelajarSiswaTerhadapMinatSiswaUntukMelanjutkanStudiKePerguruanTinggi (StudiPadaSiswaKelas XII APK SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen) Skripsi JurusanManajemen FakultasEkonomi UniversitasNegeri Malang.Pembimbing (I) Dr. WeningPatmi. R S.Pd M.M(II)Drs. I NyomanSuputra M.Si Kata Kunci KondisiSosialEkonomi PrestasiBelajar MinatMelanjutkanStudiKePerguruanTinggi. Kondisisosialekonomidanprestasibelajarmerupakanfaktor-faktor yang dapatmempengaruhiminatuntukmelanjutkanstudikeperguruantinggi.Kondisisosialekonomi orang tuatinggiakanmeningkatkanminatsiswauntukmelanjutkanstudikeperguruantinggi. Begitujugadenganprestasibelajar apabilasiswamemilikiprestasibelajar yang tinggimakaiaakanmemillikiminat yang tinggi pula untukdapatmelanjutkanstudikeperguruantinggi namunapabilakondisisosialekonomi orang tuadanprestasibelajarrendahmakaminatsiswauntukmelanjutkanstudikeperguruantinggimenjadirendah pula. Penelitianinibertujuanuntukmengetahuipengaruhkondisisosialekonomi orang tuadanprestasibelajarsiswaterhadapminatsiswakelas XII APK SMK Muhammadiyah 5 Kepanjenuntukmelanjutkanstudikeperguruantinggi.Variabel yang ditelitiadalahkondisisosialekonomi orang tua (X1) prestasibelajar (X2) danminatsiswauntukmelanjutkanstudikeperguruantinggi (Y). Penelitianinimenggunakanrancanganpenelitianmetodedeskriptifkorelatifdenganjenispenelitiankuantitatifassosiatifdanpengambilansampelpopulasikarenajumlahrespondenkurangdari 100.Populasipadapenelitianiniadalahseluruhsiswakelas XII APK TahunAjaran 2014/2015denganjumlah 65 siswa.Pengolahan data penelitianinimenggunakananalisisregresi linier bergandadenganmenggunakan program SPSS 20. Hasildaripenelitianinimenunjukkanbahwakondisisosialekonomi orang tuasiswakelas XII APK masihrendah prestasibelajarsiswadapatdigolongkanbaikkarenasebagianbesarmemilikinilairapor rata-rata lebihdari 80 sedangkanminatsiswakelas XII APK untukmelanjutkanstudikeperguruantinggimasihrendahhalinidibuktikandengan rasa ingintahusiswamengenaiperguruantinggimasihsangatkurang. Kesimpulandaripenelitianiniadalah (1)Kondisisosialekonomi orang tuasecaraparsialberpengaruhpositifdansignifikanterhadapminatsiswauntukmelanjutkanstudikepeguruantinggisebesar 1 645 (2) Prestasibelajarsecaraparsialberpengaruhpositifdansignifikanterhadapminatsiswauntukmelanjutkanstudikepeguruantinggisebesar 1 235 (3)Kondisisosialekonomi orang tuadanprestasibelajarsecarasimultanberpengaruhpositifdansignifikanterhadapminatsiswauntukmelanjutkanstudikeperguruantinggisebesar 18 9% dansebanyak 81 1% dipengaruhiolehfaktor lain diluarpenelitian. Saran bagisekolahyaitumemberikanpandanganmengenaiperguruantinggidanduniakerjasehinggasiswadapatmenentukanpilihanyang bijakuntukmenatamasadepanmereka. 8195

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 07 Dec 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/29020

Actions (login required)

View Item View Item