Perbedaan penerapan model pembelajaran problem based introduction (PBI) dipadu strategi induktif learning dan strategi deduktif learning untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa kelas X pada mata pelajaran dasar listrik dan elektronika jurusan TITL di SMKN 1 Blitar - Repositori Universitas Negeri Malang

Perbedaan penerapan model pembelajaran problem based introduction (PBI) dipadu strategi induktif learning dan strategi deduktif learning untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa kelas X pada mata pelajaran dasar listrik dan elektronika jurusan TITL di SMKN 1 Blitar

Andewi, Arida Fitri (2022) Perbedaan penerapan model pembelajaran problem based introduction (PBI) dipadu strategi induktif learning dan strategi deduktif learning untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa kelas X pada mata pelajaran dasar listrik dan elektronika jurusan TITL di SMKN 1 Blitar. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Andewi Arida Fitri. 2022. Perbedaan Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Introduction (PBI) Dipadu Strategi Induktif Learning dan Strategi Deduktif Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Kelas X Pada Mata Pelajaran Dasar Listrik dan Elektronika Jurusan TITL di SMKN 1 Blitar. Pembimbing (I) Dr. Yuni Rahmawati S.T. M.T. (II) Drs. Hari Putranto M.Pd. Kata Kunci Kemampuan Pemecahan Masalah Model Pembelajaran Problem Based Introduction (PBI) Strategi Pembelajaran Induktif Learning Strategi Pembelajaran Deduktif Learning Model pembelajaran yang berjalan dengan baik dapat memberikan pengalaman belajar dan hasil belajar yang baik untuk siswa. Model pendidikan yang cocok dengan pemakaian strategi pendidikan yang cocok bisa membagikan donasi dalam memudahkan siswa buat meresap ilmu yang didapat. Model pendidikan Problem Based Introduction( PBI) siswa dituntut guna menuntaskan permasalahan yang diberikan oleh guru dengan perpaduan strategi pembelejaran Induktif Learning serta Deduktif Learning siswa dapat menuntaskan permasalahan dengan baik serta menciptakan hasil pemecahan permasalahan. Rancangan penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen kuantitatif dengan tipe quasi eperiment dan non equivalent group design menggunakan pretest posttest. Subyek penelitian adalah siswa kelas X TITL 2 yang berjumlah 32 siswa sebagai kelompok eksperimen 1 yang diberikan perlakuan model pembelajaran Problem Based Introduction dipadu strategi Induktif Learning dan X TITL 4 yang berjumlah 32 siswa sebagai kelompok eksperimen 2 dengan perlakuan model pembelajaran Problem Based Introduction dipadu strategi Deduktif Learning. Hasil uji t menunjukkan bahwa signifikansi nilai posttest pada kedua kelas sebesar dimana nilai sebesar 0.000 nilai tersebut lebih kecil dari 0 005 hingga ada perbandingan keahlian pemecahan permasalahan pada siswa yang diberikan perlakuan model pendidikan Problem Based Introduction dipadu strategi Induktif Learning dibanding model pendidikan Problem Based Introduction dipadu strategi Deduktif Learning. Hasil ini ditunjukkan dari sebagian evaluasi ialah uji keahlian pemecahan permasalahan serta lembar observasi ( 1) ada perbandingan rata- rata posttest pada kedua kelas ( 2) informasi terdistribusi wajar serta homogen serta( 3) signifikansi uji linearitas menampilkan informasi hasil uji serta evaluasi lembar observasi bertabiat linear. Kesimpulan pada riset ini merupakan tingkatan keahlian pemecahan permasalahan pada siswa yang diberikan perlakuan model pendidikan Problem Based Introduction dipadu strategi Induktif Learning dibandingkan siswa yang diberikan perlakuan model pembelajaran Problem Based Introduction dipadu strategi Deduktif Learning memiliki perbedaan dengan signifikansi sebesar 0 000. Sedangkan saran yang diberikan pada penelitian berikutnya adalah model pembelajaran dan strategi pembelajaran yang dipadukan dapat digunakan sebagai model pembelajaran alternatif untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah pada siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General) > LMO Model Pembelajaran
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 31 May 2022 04:29
Last Modified: 16 Aug 2023 08:49
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/288947

Actions (login required)

View Item View Item