Perbedaan keaktifan dan hasil belajar materi sistem ac menggunakan model pembelajaran project based learning dan discovery learning pada progam keahlian TKRO di SMK Muhammadiyah 1 Kota Malang / Arya Susman Fiani</p> - Repositori Universitas Negeri Malang

Perbedaan keaktifan dan hasil belajar materi sistem ac menggunakan model pembelajaran project based learning dan discovery learning pada progam keahlian TKRO di SMK Muhammadiyah 1 Kota Malang / Arya Susman Fiani</p>

Fiani, Arya Susman (2023) Perbedaan keaktifan dan hasil belajar materi sistem ac menggunakan model pembelajaran project based learning dan discovery learning pada progam keahlian TKRO di SMK Muhammadiyah 1 Kota Malang / Arya Susman Fiani</p>. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini memiliki beberapa tujuan yaitu antara lain (1) mengetahui perbedaan pembelajaran berbasis proyek terhadap keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran Sistem AC Mobil di SMK Muhammadiyah 1 Kota Malang dan (2) mengetahui perbedaan pembelajaran berbasis proyek terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran AC Mobil di SMK Muhammadiyah 1 Kota Malang. Metode penelitian ini adalah penelitian Kuantitatif. Kelas XI TKRO 1 sebagai kelas eksperimen untuk penelitian ini dan kelas XI TKRO 2 sebagai kelas kontrol. Pada kelas kontrol menggunakan model pembelajaran Discovery Learning sedangkan kelas eksperimen mendapatkan perlakuan menggunakan model pembelajaran Project Based Learning. Tes dan catatan pengamatan digunakan sebagai alat pengumpulan data utama penelitian. menggunakan analisis independent sample t-test dan analisis deskriptif untuk mengkarakterisasi keaktifan dan hasil belajar siswa untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran yang diterapkan terhadap keaktifan dan hasil belajar siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa setelah diberikan perlakuan pada mata pelajaran Sistem AC kelas XI Jurusan TKRO SMK Muhammadiyah 1 Kota Malang (1) terdapat perbedaan keaktifan siswa antara penggunaan model pembelajaran Project Based Learning dan Discovery Learning dan (2) terdapat perbedaan hasil belajar siswa antara penggunaan model pembelajaran Project Based Learning dan Discovery Learning.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General) > LMO Model Pembelajaran
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Mesin (TM) > S1 Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: library UM
Date Deposited: 24 May 2023 04:29
Last Modified: 26 Sep 2024 04:19
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/288535

Actions (login required)

View Item View Item