Implementasi model pembelajaran think-pair-share untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar peserta didik pada kompetensi menerapkan cara perawatan sistem bahan bakar bensin konvensional karburator kelas XI di SMK 6 Malang / Dedi Candra - Repositori Universitas Negeri Malang

Implementasi model pembelajaran think-pair-share untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar peserta didik pada kompetensi menerapkan cara perawatan sistem bahan bakar bensin konvensional karburator kelas XI di SMK 6 Malang / Dedi Candra

Candra, Dedi (2023) Implementasi model pembelajaran think-pair-share untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar peserta didik pada kompetensi menerapkan cara perawatan sistem bahan bakar bensin konvensional karburator kelas XI di SMK 6 Malang / Dedi Candra. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keaktifan dan hasil belajar peserta didik melalui penerapan model pembelajaran Think-Pair-Share pada kompetensi menerapkan cara perawatan berkala sistem bahan bakar bensin konvensional karburator kelas XI SMK Negeri 6 Malang. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Setiap siklus terdapat perencanaan pelaksanaan dan pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian merupakan peserta didik kelas XI TKRO 3 SMK Negeri 6 Malang tahun pelajaran 2022/2023 dengan jumlah 36 peserta didik. Berdasarkan dari penelitian yang sudah dilaksanakan dengan mengimplementasikan model pembelajaran Think-Pair-Share terjadi peningkatan setiap siklusnya. Hal tersebut dapat dibuktikan pada hasil keaktifan belajar sebelum penelitian sebesar 43 95% siklus I sebesar 59 09% dan siklus II sebesar 66 98%. Pada hasil belajar peserta didik ranah kognitif memperlihatkan bahwa kemampuan awal sebelum penelitian rata-rata hasil belajar peserta didik sebesar 63 2 dengan persentase ketuntasan sebesar 42 85% meningkat pada rata-rata siklus I menjadi 66 61 dengan persentase ketuntasan sebesar 52 7% kemudian pada siklus II meningkat menjadi 72 89 dengan persentase ketuntasan sebesar 71 42%. Selain itu hasil pada ranah psikomotorik mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II sebagaimana hasil yang diperoleh pada siklus I peserta didik memperoleh nilai rata-rata sebesar 64 71 dengan peserta didik yang tuntas sebesar 58 82% dan pada siklus II rata-rata meningkat menjadi 88 17 dengan persentase ketuntasan peserta didik sebesar 100%. Dari data tersebut menunjukkan bahwa implementasi model pembelajaran Think-Pair-Share dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar peserta didik kelas XI TKRO 3 SMK Negeri 6 Malang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General) > LMO Model Pembelajaran
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Mesin (TM) > S1 Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 06 Jun 2023 04:29
Last Modified: 10 Aug 2023 01:41
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/288523

Actions (login required)

View Item View Item