Bakhtiar, Rosad Junaidi (2023) Pengembangan modul pembelajaran interaktif pemrograman CNC milling berbasis project based learning teknik pemesinan NC/CNC dan cam program keahlian teknik mesin pada SMK / Rosad Junaidi Bakhtiar. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Dalam pendidikan pada jenjang Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) sudah seharusnya mengikuti perkembangan pendidikan yang merupakan sebuah tuntutan dari perkembangan zaman yang terjadi terlebih untuk SMK terdapat tuntutan keterkaitan dengan dunia industri. Karena sesungguhnya Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) merupakan suatu wadah bagi manusia untuk membentuk dirinya agar lebih berkompeten dan dapat bersaing nantinya. Salah satu perkembangan pendidikan pada jenjang SMK khususnya pada program keahlian Teknik Mesin yang mengikuti perkembangan dan tuntutan industri adalah penggunaan mesin CNC (Computer Numerically Control) dan penggunaan perangkat lunak CAM (Computer Aided Manufacture). Berdasarkan dengan penerapannya pada matapelajaran NC/CNC dan CAM pada SMK terdapat beberapa KD yang sudah sepatutnya akan tercapai oleh para siswa salah satunya yaitu memahami konsep dasar dan penerapan dari CAM (Computer Numerically Control) yang nantinya akan berhubungan langsung dengan penggunaan mesin konvensional yang dalam hal ini adalah mesin CNC. Dalam penelitian pengembangan ini metode pendekatan yang digunakan adalah proses Research and Development (R amp D). Research and Development R amp D sendiri merupakan suatu metode yang mana didalamnya terdapat beberapa proses pengembangan pada penelitian yang bertujuan untuk mendapatkan sebuah produk tertentu uji efektivitas pada produk dan langkah pengembangan produk baru serta penyempurnaan produk yang sudah ada sebelumnya yang mempunyai tujuan mirip dengan produk yang akan dikembangkan. Model penelitian dan pengembangan dalam dunia pendidikan terdapat beberapa jenis namun dalam penelitian ini mengadaptasi model pengembangan dari Borg amp Gall. Faktor yang mendasari penelitian ini mengadaptasi model pengembangan Borg amp Gall yaitu karena dalam model penelitian ini terdapat banyak tahapan validasi oleh pakar dan uji coba lapangan yang harus dilalui sehingga dari situlah produk yang dikembangkan akan memiliki nilai kelayakan yang cukup memumpuni dan yang penting adalah sesuai dengan kebutuhan pada lapangan. Menurut data hasil uji coba produk yang melewati serangkaian tahap validasi ahli materi dengan skor persentase 83 3% tahap validasi ahli media dengan skor persentase nilai 93 3% tahapan uji coba produk yang terdiri dari uji coba lapangan skala kecil yang memperoleh skor persentase nilai 93 3% dan uji coba lapangan skala besar yang memperoleh skor persentase nilai 97%. Dari hasil tersebut menunjukkan bahwa Modul Pembelajaran Matapelajaran Teknik Pemesinan NC/CNC amp CAM sudah layak dipergunakan untuk sumber belajar dan juga masuk dalam kriteria sangat baik.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) > LMO Model Pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Mesin (TM) > S1 Pendidikan Teknik Mesin |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 17 Apr 2023 04:29 |
Last Modified: | 09 Aug 2023 08:36 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/288276 |
Actions (login required)
View Item |