Pengembangan media pembelajaran berbasis ispring suite 9 dan builder untuk meningkatkan aktivitas belajar (studi untuk mata pelajaran PKK Kelas XI bisnis digital di SMKN 1 Malang) - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media pembelajaran berbasis ispring suite 9 dan builder untuk meningkatkan aktivitas belajar (studi untuk mata pelajaran PKK Kelas XI bisnis digital di SMKN 1 Malang)

Dewi, Indi Ayu Kumala (2023) Pengembangan media pembelajaran berbasis ispring suite 9 dan builder untuk meningkatkan aktivitas belajar (studi untuk mata pelajaran PKK Kelas XI bisnis digital di SMKN 1 Malang). Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian dan Pengembangan ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis Ispring Suite 9 dan Builder pada mata pelajaran PKK untuk siswa kelas XI BDIG SMKN 1 Malang yang kemudian diuji kelayakannya melalui validasi ahli materi dan ahli media serta uji coba dengan pengguna. Penelitian ini menggunakan model penelitian dan pengembangan (R amp D) desain dari Borg and Gall yang disesuaikan dengan peneliti. Analisis data dilakukan secara kuantitatif dan kualitatif. Uji coba lapangan dilakukan pada kelas XI BDIG di SMKN 1 Malang. Berdasarkan hasil validasi ahli media dan ahli materi serta uji coba skala kecil mendapatkan persentase valid dan layak. Sedangkan untuk hasil observasi pada saat uji coba lapangan skala besar mendapatkan hasil kategori aktif untuk kelas kontrol dan sangat aktif untuk kelas eksperimen. Hasil observasi aktivitas belajar siswa dikelas menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan antara aktivitas belajar siswa kelas kontrol dan aktivitas belajar siswa kelas eksperimen. Berdasarkan hasil penelitian di atas dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran berbasis aplikasi Ispring Suite 9 dan Builder yang dikembangkan layak digunakan dalam proses pembelajaran dan terbukti mampu meningkatkan aktivitas belajar siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Tata Niaga
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 08 May 2023 04:29
Last Modified: 14 Aug 2023 01:58
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/287006

Actions (login required)

View Item View Item