Pengaruh web based collaborative problem solving dalam pendekatan saintifik terhadap penguasaan konsep siswa pada materi hukum newton / Awalia Zehra Giantri</p> - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh web based collaborative problem solving dalam pendekatan saintifik terhadap penguasaan konsep siswa pada materi hukum newton / Awalia Zehra Giantri</p>

Giantri, Awalia Zehra (2023) Pengaruh web based collaborative problem solving dalam pendekatan saintifik terhadap penguasaan konsep siswa pada materi hukum newton / Awalia Zehra Giantri</p>. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh web based collaborative problem solving dalam pendekatan saintifik terhadap penguasaan konsep siswa pada materi hukum Newton. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian eksperimen semu (Quasi Experimental Design). Desain penelitian yang digunakam dalam penelitian ini adalah pretest-posttest control group design. Sampel penelitian dari 69 siswa kelas X di SMAN 1 Kebomas yang diambil dengan teknik cluster random sampling. Instrumen penelitian yang digunakan berupa tes pengetahuan konsep berbentuk soal pilihan ganda beralasan yang telah divalidasi. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan uji hipotesis (independent sample t-test). Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata nilai kelas eksperimen mengalami kenaikan sebesar 40 43 sedangkan rata-rata nilai posttest pada kelas kontrol sebesar 33 3. Hasil uji statistik menunjukkan bahwa thitung lebih besar dari ttabel yaitu 2 568 gt 1 669. Berdasarkan hasil tersebut pembelajaran dengan web based collaborative problem solving dalam pendekatan saintifik lebih tinggi penguasaan konsepnya dari pada pembelajaran dengan pendekatan saintifik dengan tugas rumah konvensional. Peningkatan penguasaan konsep pada siswa kelas eksperimen yang lebih tinggi dipengaruhi oleh penerapan web based collaborative problem solving yang diberikan kepada masing-masing siswa sebagai sarana memecahkan masalah dengan diskusi kelompok.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General) > LMO Model Pembelajaran
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 22 May 2023 04:29
Last Modified: 26 Sep 2024 07:48
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/286273

Actions (login required)

View Item View Item