Charizma, Nadhif Alfin (2023) Pengembangan e-modul pembelajaran berbasis project based learning sebagai upaya meningkatkan kemampuan berpikir kritis pada siswa untuk materi momentum dan impuls / Nadhif Alfin Charizma. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kemampuan berpikir kritis memiliki peran penting dalam melatih siswa untuk belajar secara mandiri dan menyimpulkan informasi terutama dalam materi momentum dan impuls yang memerlukan tingkat kreativitas berpikir yang dalam. Penggunaan modul pembelajaran menjadi semakin penting dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis. Namun demikian modul cetak yang digunakan saat ini belum cukup efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa dan masih terdapat beberapa penelitian yang mendapatkan hasil bahwasanya kemampuan berpikir kritis pada siswa masih tergolong rendah. Sebagai solusi penulis mengembangkan media pembelajaran berupa E-modul berbasis Project Based Learning sebagai upaya meningkatkan kemampuan berpikir kritis yang dilengkapi dengan tugas proyek gambar dan animasi. Tujuan pengembangan ini adalah untuk mengetahui hasil pengembangan e-modul berbasis project based learning sebagai upaya meningkatkan kemampuan berpikir kritis pada siswa. Hasil dari uji validasi produk menunjukkan bahwa materi pada E-modul memiliki tingkat validitas sebesar 92 80% media pada E-modul memiliki tingkat validitas sebesar 81 25% dan uji keterbacaan E-modul pada siswa mencapai 85 67%. Berdasarkan hasil tersebut media pembelajaran E-modul ini dianggap layak untuk digunakan dalam membantu meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada materi momentum dan impuls.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) > LMO Model Pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 15 Jun 2023 04:29 |
Last Modified: | 10 Aug 2023 02:33 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/286180 |
Actions (login required)
View Item |