Ardhani, Fidha Setia (2023) Penerapan metode teacch dalam pengelolaan kelas siswa autis di TK LB Autisme River Kids Malang / Fidha Setia Ardhani</p>. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Ardhani Fidha Setia. 2023. Penerapan Metode TEACCH dalam Pengelolaan Kelas Siswa Autis di TKLB Autisme River Kids Malang. Skripsi Departemen Pendidikan Luar Biasa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. H. Abdul Huda M.Pd. (II) Dimas Arif Dewantoro M.Pd. Kata kunci TEACCH Pengelolaan Kelas Autis Siswa autis membutuhkan layanan khusus agar dapat mengembangkan kemampuan yang dimiliki dan mampu hidup secara mandiri. Penanganan atau intervensi yang tepat akan sangat membantu dalam mengatasi permasalahan-permasalahan pada siswa autisme salah satunya menggunakan metode TEACCH. Jika dipadukan dengan pengelolaan kelas yang baik akan dapat menciptakan pembelajaran yang efektif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan tentang penerapan metode TEACCH serta bagaimana dampak dari penerapan metode tersebut dalam pengelolaan kelas siswa autis. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif studi kasus. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara observasi dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan reduksi data penyajian data dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data diuji menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian ini yaitu penerapan metode TEACCH terdiri atas tahap perencanaan pelaksanaan dan evaluasi. TEACCH diterapkan karena terstruktur komitmen menggali kekuatan dan minat anak menghargai keunikan individu dan menekankan belajar sepanjang hayat. Tahap perencanaan berupa pengumpulan informasi siswa melalui observasi berdasarkan planning matrix dan penyiapan struktur. Tahap pelaksanaan dilakukan dengan menggunakan prinsip-prinsip TEACCH yaitu penataan lingkungan (struktur fisik jadwal sistem kerja) informasi visual ketertarikan khusus sebagai penguat komunikasi yang bermakna. Evaluasi dilaksanakan seminggu sekali oleh guru bersama koordinator program. Dalam penelitian ini ditemukan kendala berupa permasalahan tantrum dan sumber daya guru. Harapan peneliti yaitu adanya tindak lanjut dan konsistensi dalam upaya menanggulangi kendala-kendala yang dihadapi dalam pengelolaan kelas siswa.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > L Education (General) > LMO Model Pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Biasa(PLB) > S1 Pendidikan Luar Biasa |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 16 May 2023 04:29 |
Last Modified: | 24 Sep 2024 09:03 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/284378 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |