Analisis Preferensi Konsumen terhadap Keputusan Pembelian pada Restoran di Kota Malang (Studi pada Latar Ijen Resto & Cafe) - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis Preferensi Konsumen terhadap Keputusan Pembelian pada Restoran di Kota Malang (Studi pada Latar Ijen Resto & Cafe)

Denanta, Zorayda Nabilah (2023) Analisis Preferensi Konsumen terhadap Keputusan Pembelian pada Restoran di Kota Malang (Studi pada Latar Ijen Resto & Cafe). Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Preferensi dapat dianggap sebagai sikap individu terhadap satu objek, biasanya tercermin dalam proses pengambilan keputusan eksplisit. Perusahaan harus menempatkan prioritas tinggi pada pemahaman pasar dalam rangka mempertahankan keunggulan strategis dalam industri yang sangat kompetitif. Hingga tahun 2019 ada sekitar 1.444 restoran dan rumah makan yang ada di Kota Malang dan salah satunya adalah Latar Ijen Resto & Cafe yang terletak di Jl. Besar Ijen No. 79, Malang. Melihat banyaknya pesaing tersebut, Latar Ijen Resto & Cafe harus punya nilai lebih dari restoran yang lain untuk memenuhi kebutuhan dan meningkatkan kepuasan konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Menganalisis faktor-faktor yang menjadi pembentuk preferensi konsumen dalam memilih Latar Ijen Resto & Cafe di Kota Malang, (2) Menganalisis pengaruh faktor preferensi konsumen terhadap keputusan pembelian di Latar Ijen Resto & Cafe di Kota Malang Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen Latar Ijen Resto & Cafe dari bulan Agustus 2021 dengan jumlah 5.400 konsumen. Sampel ditentukan berdasarkan rumus slovin dengan teknik accidental sampling dan didapatkan responden sebanyak 100 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan cara membagikan kuesioner pada konsumen di Latar Ijen Resto & Cafe. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji instrumen (uji validitas dan uji reliabilitas), uji analisis faktor , analisis regresi linier berganda, pengujian hipotesis, dan koefisien determinasi dengan menggunakan program SPSS 16.0 for Windows. Berdasarkan analisis faktor terhadap 7 faktor yang mempengaruhi preferensi konsumen dapat diketahui bahwa faktor yang paling dipentingkan adalah faktor orang (0,821), kemudian Produk (0,820), Lokasi (0,809), Proses (0,798), Bukti Fisik (0,775), Harga (0,697), Promosi (0,576). Adapun hasil penelitian 7 faktor terhadap keputusan konsumen menunjukkan bahwa terdapat pengaruh Produk, Harga, Lokasi, Promosi, Orang, Proses, Bukti Fisik secara simultan terhadap keputusan pembelian pada Latar Ijen Resto & Cafe. Berdasarkan hasil uji parsial dapat dilihat bahwa Produk, Harga, Lokasi, Promosi, Orang, Proses, Bukti Fisik berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian pada Latar Ijen Resto & Cafe. Kesimpulan dari penelitian ini adalah semakin meningkatnya kualitas pelayanan terutama pada faktor orang (karyawan), Kualitas Produk yang baik, tempat yang nyaman dari segi lokasi maupun bukti fisik maka keputusan pembelian pada Latar Ijen Resto & Cafe akan semakin meningkat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: BAURAN PEMASARAN, PRODUK, HARGA, LOKASI, PROMOSI, ORANG, PROSES, BUKTI FISIK, KEPUTUSAN PEMBELIAN
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HF Commerce
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknologi Industri (TI) > S1 Pendidikan Tata Boga
Depositing User: mr mahasiswa UM
Date Deposited: 03 Apr 2023 01:57
Last Modified: 03 Apr 2023 01:57
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/2832

Actions (login required)

View Item View Item