Analisis pengalaman mahasiswa Universitas Negeri Malang (UM) atas aplikasi Sipejar Mobile menggunakan metode usability testing - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis pengalaman mahasiswa Universitas Negeri Malang (UM) atas aplikasi Sipejar Mobile menggunakan metode usability testing

Huwaidi Ar-robbaniy, Farras (2022) Analisis pengalaman mahasiswa Universitas Negeri Malang (UM) atas aplikasi Sipejar Mobile menggunakan metode usability testing. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Ar-Robbaniy Farras Huwaidi. 2022. Analisis Pengalaman Mahasiswa Universitas Negeri Malang (UM) Atas Aplikasi Mobile Sipejar Mobile Menggunakan Metode Usability Testing. Skripsi Jurusan Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Henry Praherdhiono S.Si M.Pd. (II) Eka Pramono Adi S.IP M.Si Kata kunci pengalaman mahasiswa aplikasi mobile sipejar mobile usability testing Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil pengujian usability pada aplikasi SIPEJAR MOBILE terhadap mahasiswa UM yakni menunjukkan efektivitas efisiensi dan kepuasan pengguna secara keseluruhan. Pandemi Covid-19 membuat para mahasiswa Universitas Negeri Malang (UM) melakukan pembelajaran menggunakan media digital. Media digital wajib yang digunakan adalah aplikasi belajar SIPEJAR MOBILE. Universitas Negeri Malang (UM) termasuk perguruan tinggi terbaik dalam pelaksanaan pembelajaran daring menurut SPADA Award 2021. Meski demikian masih banyak keluhan yang didapatkan dari mahasiswa mengenai aplikasi SIPEJAR MOBILE. Oleh karena itu diperlukan upaya untuk mengevaluasi website SIPEJAR MOBILE. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Pendekatan kualitatif dilakukan dengan mengobservasi testing saat pengguna SIPEJAR MOBILE melakukan scenario yang dibuat peneliti setelah itu pengguna akan diberikan instrument SUS pada akhir sesi. Tipe data yang diperoleh adalah berupa rekaman video dan angka pengisian kuesioner. Sampel penelitian merupakan mahasiswa Angkatan 2020 yang berasal dari Fakultas Ilmu Pendidikan yang belum pernah atau jarang menggunakan SIPEJAR MOBILE meskipun sudah pernah mengakses melalui website SIPEJAR. Pengumpulan data menggunakan kuesioner System Usability Scale (SUS) yang berjumlah 10 aitem dengan skala pilihan Likert 1-5 (1 sangat tidak setuju 2 tidak setuju 3 ragu-ragu 4 setuju 5 sangat setuju). Hasil dari skor rata-rata System Usability Scale yang melibatkan 5 responden didapatkan 65 5 menunjukkan bahwa interpretasi tingkat usability dari SIPEJAR MOBILE memiliki lsquo rsquo Grade D rsquo rsquo (dengan skor lebih besar sama dengan 51 dan lebih kecil dari 68) lsquo rsquo Good rsquo rsquo pada adjective ratings berarti memiliki ketergunaan yang Baik lsquo rsquo Marginal High rsquo rsquo pada acceptability ranges yang berarti cukup diterima oleh pengguna. Hal ini berarti usability SIPEJAR MOBILE berarti memiliki ketergunaan yang baik dan cukup diterima oleh pengguna. Kesimpulannya adalah pengalaman mahasiswa program studi teknologi pendidikan angkatan 2020 dalam menggunakan aplikasi SIPEJAR MOBILE cukup efektif efisien dam memuaskan. Saran yang diberikan untuk tim pengembangan SIPEJAR MOBILE yaitu adalah meningkatkan fitur yang dianggap masih tidak dipahami oleh mahasiswanya salah satunya dalam mencari dan menemukan ringkasan kursus. Skor rata-rata SUS adalah 68 di atas 68 berarti puas (Sauro 2011) sedangkan skor SIPEJAR MOBILE menurut pengguna adalah 65 5 hampir mendekati puas. Sehingga disarankan untuk meningkatkan juga sosialisasi dalam menggunakan SIPEJAR MOBILE beserta fitur-fitur yang sudah disediakan. Meski SIPEJAR MOBILE belum mencapai kategori puas namun mahasiswa lebih menyukai menggunakan SIPEJAR MOBILE setelah mencoba SIPEJAR MOBILE dibandingkan mengakses website SIPEJAR yang dianggap lebih rumit.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General) > LMO Model Pembelajaran
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 24 Jun 2022 04:29
Last Modified: 14 Aug 2023 06:20
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/282266

Actions (login required)

View Item View Item