Pengembangan e-modul sejarah berbasis aplikasi canva materi proses masuknya Islam di Kabupetan Gresik untuk meningkatkan minat belajar siswa di Kelas X IIS 1 MAN 2 Gresik / Adinda Fuadila Almahera - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan e-modul sejarah berbasis aplikasi canva materi proses masuknya Islam di Kabupetan Gresik untuk meningkatkan minat belajar siswa di Kelas X IIS 1 MAN 2 Gresik / Adinda Fuadila Almahera

Almahera, Adinda Fuadila (2023) Pengembangan e-modul sejarah berbasis aplikasi canva materi proses masuknya Islam di Kabupetan Gresik untuk meningkatkan minat belajar siswa di Kelas X IIS 1 MAN 2 Gresik / Adinda Fuadila Almahera. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kurang tertarik siswa terhadap pembelajaran sejarah diakibarkan oleh beberapa faktor. Salah faktor yang membuat hilangnya minat dalam belajar adalah bahan ajar yang digunakan kurang menarik. Hingga sekarang guru tidak menggunakan bahan ajar yang inovatif dan kreatif yang disesuaikan dengan kebutuhan siswa. Penggunan bahan ajar Buku Paket membuat siswa gampang merasa bosan ditambah dengan minat membaca siswa yang kurang. Hal tersebut yang menjadikan minat belajar siswa terhadap pembelajaran sejarah di MAN 2 Gresik rendah. Dari hasil analisis kebutuhan siswa dimana 50% siswa menyatakan tidak mneyukai pembelajaran sejarah ditambah dengan penuturan guru bahwa banyak siswa yang tidak memperhatikan guru saat proses pembelajaran berlangsung. Hal ini menunjukkan bahwa dibutuhkkannnya bahan ajar baru yang inovatif agar minat belajar siswa dapat meningkat. Berdasarkan uraian masalah diatas peneliti membuat pengembangan bahan ajar berupa E-Modul sejarah dengan aplikasi canva materi proses masuknya Islam di Kabupaten Gresik untuk siswa kelas X IIS 1 MAN 2 Gresik. Pemilihan E-Modul sendiri berdasarkan analisis kebutuhan dimana 63% siswa belum pernah menggunakan e-modul dan 37% siswa pernah menggunakan. Sebanyak 925 siswa juga menyukai pembelajaran sejarah yang menampilkan gambar video audio dan animasi. Sedaangkan pemilihan aplikasi canva sebagai basis pengembangan yakni bedasarkan kebutuhan fungsional dimana banyak guru yang tidak memahami teknologi khususnya dalam bidang desain. Sehingga aplikasi canva dirasa sangat cocok untuk guru yang gaptek (gagap teknologi). Dalam bahan ajar ini juga mengembnagkan matei sejarah lokal di Kabupaten Gresik dikarena masih jarangnya guru yang memberikan materi sejarah lokal dan pemahamn siswa yang kurang terhadap materi sejarah lokal. Sementara letak sekolah sendiri tidak jauh dari situs-situs sejarah lokal Islam di Kabupaten Gresik. Bahan ajar ini merupakan bahan ajar dengan format berupa tautan atau link yang dapat diakses oleh siswa melalui smartphone masing-masing. Bahan ajar ini dioperasikan dengan memanfaatkan jaringan internet. Pengembangan bahan ajar E-Modul Sejarah menggunakan metode ADDIE. Pengembangan bahan ajar E-Modul Sejarah sendiri telah memenuhi kriteria dengan nilai validitas materi dan bahan ajar yakni 81 6% dan 88 3% ayang berarti sangat valid. Dengan nilai uji praktisistas sebesar 85 4% pada ompok kecil dan 87 6% pada kelompok besar yang menunjukkan sangat layak. Minat belajar siswa mengalami peningkatan setelah mnggunakan bahan ajar shy E-Modul Sejarah. Sebelum penggunaan E-Modul Sejarah minat belajar siswa sebesar 49 8% (rendah). Setelah penggunaan E-Modul Sejarah minat belajar siswa sebesar 89 8%(tinggi). Hal ini menunjukkan bahan ajar E-Modul Sejarah sangat efektiv untuk meningkatkan minat belajar sejarah dalam pemebelajaran sejarah. Bahan ajar E-Modul Sejarah sangat valid sangat layak dan sangat efektiv untuk meningkatkan minat belajar siswa di kelas X IIS 1 MAN 2 Gresik dikarenakan bahan ajar sangat inovativ dan menarik berdasarkan perkembangan teknologi materi yang disajikan kontekstual dan berbasis aplikasi canva sehingga dapat menyajikan ilustrasi berupa gambar video dan animasi. Saran pengembangan bahan ajar E-Modul Sejarah untuk kedepannya yakni bahan ajar dapat dikembangkan berdasarkan dengan kebutuhan siswa dan perkembngan zaman atau teknologi pada saat itu Menambahkan gambar video audio dan animasi didalam desain dan pengembangan bahan ajar yang memungkinkan untuk dijalankan secara offline tanpa menggunakan jaringan internet namun masih tetap bisa mengakses video gambar dan audio didalmnya. Ditambah dengan ukuran bahan ajar yang tidak terlalu besar sehingga bahan ajar dapat digunakan kapan saja dan dimana saja tanpa memberatkan siswa untuk mendownload.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: D History General and Old World > D History (General)
L Education > L Education (General) > LMO Model Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sejarah (SEJ) > S1 Pendidikan Sejarah
Depositing User: library UM
Date Deposited: 30 Jan 2023 04:29
Last Modified: 24 Sep 2024 00:42
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/281597

Actions (login required)

View Item View Item