PRATAMA, R. BRILLIANTO PUTRA (2022) Literasi Matematis Siswa dalam Memecahkan Masalah Berbasis HOTS Menggunakan Simplified Approach pada Barisan dan Deret. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk mendeskripsikan literasi matematis siswa dalam memecahkan masalah berbasis HOTS menggunakan simplified approach pada barisan dan deret. Penelitian ini berjenis kualitatif deskriptif. Subjek penelitian ini merupakan 36 siswa SMKN 1 Pungging Mojokerto kelas X TKJ 1 yang kemudian diambil 6 siswa untuk diwawancarai berdasarkan kategori hasil tes tinggi, sedang, dan rendah, dimana setiap kategori diwakili oleh 2 siswa. Instrumen penelitian yang digunakan adalah 3 butir soal tes dan pedoman wawancara. Soal tes yang digunakan berbasis HOTS dan dirancang untuk bisa dikerjakan menggunakan simplified approach. Pedoman wawancara digunakan melakukan wawancara kepada siswa untuk mengkonfirmasi hasil jawaban tes siswa. Hasil tes dan keterangan dalam wawancara siswa dianalisis menggunakan indikator literasi matematis dan simplified approach yang sudah ditentukan. Dalam penelitian ini ditemukan bahwa siswa kategori tinggi dapat menguasai semua indikator literasi matematis dalam menjawab semua soal; siswa kategori sedang tidak menguasai indikator literasi matematis memahami informasi dan menggunakan matematika; dan siswa kategori rendah tidak menguasai indikator literasi matematis memahami informasi dan merumuskan masalah. Penggunaan simplified approach membantu siswa dalam menyelesaikan masalah.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | LITERASI MATEMATIS, PROBLEM SOLVING, HOTS, SIMPLIFIED APPROACH. |
Subjects: | L Education > L Education (General) > LMO Model Pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika |
Depositing User: | mr mahasiswa UM |
Date Deposited: | 03 Apr 2023 01:51 |
Last Modified: | 03 Apr 2023 01:51 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/2802 |
Actions (login required)
View Item |