Kusumawati, Elisa (2022) Model Problem Based Learning dengan Blended Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Salah satu dampak dari pandemi covid-19 yaitu kurangnya peran guru dalam pembelajaran sehingga menurunkan kualitas pembelajaran, khususnya siswa kelas VIII-A SMPN 19 Malang memiliki kemampuan pemecahan matematis yang kurang baik. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan model Problem Based Learning (PBL) dengan Blended Learning untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas VIII-A SMPN 19 Malang. Penelitian ini menggunakanmetode penelitian tindakan kelas yang setiap siklusnya meliputi a) perencanaan, b) tindakan, c) observasi, dan d) refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa PBL dengan Blended Learning dapat meningkatkan pemecahan masalah matematis siswa kelas VIII-A SMPN 19 Malang dengan tahapan orientasi, organisasi, penyelidikan, presentasi, dan evaluasi dengan menggabungkanmetodepembelajaran luring dan daring. Hal ini didukung dengan hasil pada siklus I diperoleh nilai rata-rata kelas 59,9 yang masih dalam kategori cukup. Hasil ini karena siswa masih belum terbiasa menerapkan PBL dengan Blended Learning, sedangkan rata-rata kelas naik menjadi 80,1 pada siklus II. Sedangkan hasil observasi kegiatan guru dan siswa pada siklus I yaitu 76,5% dan 37,14%. Hasil kegiatan observasi guru dan siswa meningkat pada sikus II yaitu 83,3% dan 61,16%.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | PROBLEM BASED LEARNING, BLENDED LEARNING, MASALAH MATEMATIS. |
Subjects: | L Education > L Education (General) > LMO Model Pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika |
Depositing User: | mr mahasiswa UM |
Date Deposited: | 03 Apr 2023 01:50 |
Last Modified: | 03 Apr 2023 01:50 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/2797 |
Actions (login required)
View Item |