Identifikasi dan pemecah kesulitan belajar siswa kelas XII AKL dalam pembelajaran online pada mata pelajaran akuntansi di SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen dan SMK 2 Muhammadiyah Malang - Repositori Universitas Negeri Malang

Identifikasi dan pemecah kesulitan belajar siswa kelas XII AKL dalam pembelajaran online pada mata pelajaran akuntansi di SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen dan SMK 2 Muhammadiyah Malang

Ariska, Aprilia Cindy (2022) Identifikasi dan pemecah kesulitan belajar siswa kelas XII AKL dalam pembelajaran online pada mata pelajaran akuntansi di SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen dan SMK 2 Muhammadiyah Malang. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kegiatan pembelajaran di sekolah melibatkan sebuah interaksi edukatif yakni terjadinya proses kegiatan belajar mengajar antara seorang guru dan peserta didik. Proses belajar mengajar yang terjadi di dalam kelas tentu tidak lepas dari adanya peran seorang guru di mana peran guru tidak dapat diganti oleh piranti elektronik se-modern apapun. Sebab dalam proses kegiatan belajar mengajar guru di kelas hal yang harus dicapai bukan hanya sekedar menyampaikan bahan ajar melainkan guru tersebut harus memiliki batasan berfikir sebagai pembimbing pendidik pengajar pelatih mediator dan fasilitator. Namun saat ini kegiatan belajar dan mengajar di sekolah sedang mengalami kendala dikarenakan adanya pandemi Covid-19. Penelitian ini berfokus pada dua hal. Kedua fokus penelitian tersebut adalah (1) apa saja faktor penyebab kesulitan belajar siswa kelas XII AKL dalam pembelajaran online mata pelajaran Akuntansi di SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen dan SMK Muhammadiyah 2 Malang dan (2) bagaimana cara mengatasi kesulitan belajar siswa kelas XII AKL dalam pembelajaran online mata pelajaran Akuntansi di SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen dan SMK Muhammadiyah 2 Malang. Kedua fokus penelitia tersebut akan dikaji dalam penelitian berikut. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian kualitatif. Subjek dalam penelitian ini dibagi menjadi dua yaitu informan kunci dan informan pendukung. Informan kunci pada penelitian berjumlah empat siswa yaitu siswa berinisial AD APBR DA da DS. Sementara itu informan pendukung pada penelitian ini adalah orang tua keempat siswa tersebut. Sumber data dari penelitian ini merupakan data hasil observasi wawancara dan dokumentasi pendukung. Analisis data dari penelitian ini menggunakan cara reduksi data penyajian data dan pengambilan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa faktor penyebab kesulitan belajar siswa kelas XII AKL dalam pembelajaran online mata pelajaran Akuntansi di SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen dan SMK Muhammadiyah 2 Malang terdiri atas faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal tersebut mencakup motivasi belajar dan kebiasaan belajar sedangkan faktor eksternal mencakup cara didik orang tua. Selain itu cara mengatasi kesulitan belajar yang dialami oleh siswa dilakukan oleh siswa itu sendiri guru dan juga orang tua dengan berbagai treatment yang berbeda-beda.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > L Education (General) > LMO Model Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 23 Feb 2022 04:29
Last Modified: 16 Aug 2023 07:59
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/278565

Actions (login required)

View Item View Item