Interaksi siswa dalam pembelajaran kooperatif tipe group investigation pada materi koordinat kartesius / ASFINITA ALMA FEBRIANTI - Repositori Universitas Negeri Malang

Interaksi siswa dalam pembelajaran kooperatif tipe group investigation pada materi koordinat kartesius / ASFINITA ALMA FEBRIANTI

Febrianti, Asfinita Alma (2023) Interaksi siswa dalam pembelajaran kooperatif tipe group investigation pada materi koordinat kartesius / ASFINITA ALMA FEBRIANTI. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Interaksi dan komunikasi tidak terlepas dalam kehidupan manusia sehari-hari sebagai makhluk sosial begitu pula dalam dunia pendidikan. Interaksi yang dilakukan antar siswa merupakan salah satu hal penting dalam proses pembelajaran yang dapat dilakukan untuk menghasilkan pembelajaran yang efektif. Dalam proses pembelajaran yang ingin meningkatkan kualitas dan kuantitas interaksi siswa sangat dipengaruhi pembelajaran yang diimplementasikan oleh guru. Salah satu pembelajaran yang dapat meningkatkan kualitas dan kuantitas interaksi siswa yaitu model pembelajaran kooperatif. Ada banyak tipe model pembelajaran kooperatif salah satunya tipe Group Investigation yaitu materi Koordinat Kartesius. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis bagaimana interaksi siswa dalam pembelajaran dengan model kooperatif tipe Group Investigatian dengan materi koordinat kartesius. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Subjek penelitian ini yaitu dua kelompok belajar siswa yang dibagi secara acak dan masing-masing kelompok beanggotakan 4 siswa. Instrument dari penelitian ini yaitu Lembar Kerja Peserta Didik Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Pedoman Wawancara serta Pedoman Observasi. Pada saat diskusi kelompok segala bentuk interaksi pengetahuan dan tindakan direkam dan didokumentasikan. Materi yang digunakan pada penelitian ini yaitu materi koordinat kartesius pada bab system koordinat. Dari hasil penelitian ditemukan lima jenis interaksi yakni pemberian informasi permintaan informasi melakukan tindakan permintaan tindakan serta tindakan yang tidak sesuai. Saran untuk peneliti yang akan datang perlunya dilakukan analisis terkait bagaimana interaksi siswa dalam pengerjaan soal matematika menggunakan model pembelajaran selain kooperatif dan juga ditinjau dari pemosisian agar dapat dilihat interaksi yang terjadi apakah pembelajaran menjadi lebih efektif.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General) > LMO Model Pembelajaran
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 14 Mar 2023 04:29
Last Modified: 26 Sep 2024 04:21
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/277140

Actions (login required)

View Item View Item