EFEKTIVITAS PENERAPAN ADVANCED TECHNOLOGY AND ENGINEERING IN BIOLOGY LEARNING MODEL FOR SDGs PADA PERUBAHAN PERSEPSI KONSERVASI SISWA MENGENAI KELOMPOK FITOPLANKTON - Repositori Universitas Negeri Malang

EFEKTIVITAS PENERAPAN ADVANCED TECHNOLOGY AND ENGINEERING IN BIOLOGY LEARNING MODEL FOR SDGs PADA PERUBAHAN PERSEPSI KONSERVASI SISWA MENGENAI KELOMPOK FITOPLANKTON

Abdillah, Ghauts Mannah Aji (2023) EFEKTIVITAS PENERAPAN ADVANCED TECHNOLOGY AND ENGINEERING IN BIOLOGY LEARNING MODEL FOR SDGs PADA PERUBAHAN PERSEPSI KONSERVASI SISWA MENGENAI KELOMPOK FITOPLANKTON. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Indonesia memiliki biodiversitas yang sangat beragam, tetapi masyarakatnya masih memiliki kesadaran konservasi yang rendah. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui efektivitas penerapan advanced technology and engineering in biology learning model for SDGs pada perubahan persepsi konservasi siswa. Penelitian ini diterapkan pada materi keanekaragaman hayati dan perubahan lingkungan. Sampel penelitian ini yaitu siswa kelas X SMA Negeri 1 Turen tahun ajaran 2022/2023 yang diambil menggunakan teknik purposive sampling. Metode pengumpulan data menggunakan one-group pretest-posttest design, angket, dan esai reflektif. Analisis data menggunakan uji validitas Pearson Product Moment, uji normalitas Kolmogorov-Smirnov, uji homogenitas, N-Gain score untuk efektivitas pembelajaran, analisis deskriptif skala likert untuk menganalisis angket, dan analisis tematik untuk menganalisis esai reflektif. Hasil penelitian ini yaitu efektivitas penerapan pembelajaran advanced technology and engineering in biology learning model for SDGs memiliki persentase 70% pada materi keanekaragaman hayati dan 62% pada materi perubahan lingkungan yang tergolong pada cukup efektif pada perubahan persepsi konservasi siswa yang semula memiliki persentase 65,67% yang tergolong kuat menjadi 92% yang tergolong sangat kuat. Pada hasil esai reflektif menunjukkkan bahwa pembelajaran ini memberikan suatu wawasan baru terkait fitoplankton yang membuat siswa menjadi sadar akan keberadaan fitoplankton ini hingga memiliki minat untuk melakukan konservasi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN, PERSEPSI KONSERVASI, FITOPLANKTON.
Subjects: L Education > L Education (General) > LMO Model Pembelajaran
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: mr mahasiswa UM
Date Deposited: 03 Apr 2023 01:39
Last Modified: 03 Apr 2023 01:39
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/2736

Actions (login required)

View Item View Item