Penerapan analisis swot dalam menentukan strategi penjualan pada Kedai Kopi Foghlam / Maulana Rizky Zulkarnain - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan analisis swot dalam menentukan strategi penjualan pada Kedai Kopi Foghlam / Maulana Rizky Zulkarnain

Zulkarnain, Maulana Rizky (2021) Penerapan analisis swot dalam menentukan strategi penjualan pada Kedai Kopi Foghlam / Maulana Rizky Zulkarnain. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Zulkarnain Maulana Rizky. 2021. Penerpan Analisis SWOT Dalam Menentukan Strategi Penjualan Pada Kedai Kopi Foghlam. Tugas Akhir Program Studi DIII Manajemen Pemasaran Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang Pembimbing Ika Zutiasari S.Pd. M.Pd. Analisis SWOT menjadi salah satu faktor penentu dalam berkembangnya suatu usaha. Mengetahui faktor internal yang dimiliki juga eksternal yang dihadapi adalah landasan dasar dalam membuat strategi untuk menghadapi pasar dan bersaing dengan kompetitor. Ditambah lagi dengan situasi pandemi covid-19 ini membuat semua usaha harus bisa bertahan dengan caranya masing-masing. Maka dari itu Kedai Kopi Foghlam menggunakan analisis SWOT ini agar bisa meningkatkan penjualan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk dapat mengetahui faktor internal yaitu kekuatan (strengths) kelemahan (weaknesses) yang dimiliki. Juga faktor eksternal seperti peluang (opportunities) dan ancaman (threats) yang akan dihadapi. Setelah itu merumuskan strategi penjualan yang bisa dimanfaatkan dari faktor-faktor yang telah dimiliki. Sehingga dapat mengevaluasi strategi manakah yang berhasil meningkatkan penjualan dan bisa digunakan untuk usaha kedepannya. Data yang digunakan untuk analisis SWOT didapatkan melalui wawancara dengan beberapa reskan kerja yang mehasilkan berbagai perspektif juga pendapatnya masing-masing. Setelah itu data yang dimiliki dianalisis dan menghasilkan faktor kekuatan yaitu produk berkualitas harga yang terjangkau konsep tempat yang menarik dan metode pembayaran cashless. Kelemahannya yaitu tidak adanya take away minuman tempat duduk yang kurang nyaman dan pembuangan air cucian manual. Peluang yang dimiliki adalah tren take over bar dan tren kopi pagi sedangkan ancaman yang dihadapi yaitu fasilitas umum di Pasar Seni Bareng pandemi virus covid-19 juga pengaruh pesaing. Berdasarkan fakor internal dan eksternal yang dimiliki maka terciptalah strategi yang memanfaatkan SO dan ST yaitu mengadakan take over bar dan membuat paket bundling makan dan minum. Hasil yang didapatkan dari penerapan strategi tersebut berhasil meningkatkan penjualan pada Kedai Kopi Foghlam. Berdasarkan pengamatan tersebut maka disarankan agar Kedai Kopi Foghlam dapat memanfaatkan produk makanan sebagai daya tarik pelanggan untuk meningkatkan produk lainnya. Serta bisa membenahi dan meningkatkan fasilitas umum yang ada dan tempat duduk yang ada agar pelanggan semakin merasa nyaman.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > D3 Manajemen Pemasaran
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 23 Aug 2021 04:29
Last Modified: 11 Oct 2023 03:14
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/272069

Actions (login required)

View Item View Item