Pengaruh strategi pembelajaran blended learning dan gaya belajar terhadap pemahaman konsep / Walib Abdullah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh strategi pembelajaran blended learning dan gaya belajar terhadap pemahaman konsep / Walib Abdullah

Abdullah, Walib (2022) Pengaruh strategi pembelajaran blended learning dan gaya belajar terhadap pemahaman konsep / Walib Abdullah. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Walib Abdullah 2022. Pengaruh Strategi Pembelajaran blended learning dan Gaya Belajar terhadap Pemahaman konsep Disertasi Program Studi Teknologi Pembelajaran Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof.Dr.Inyoman Sudana Degeng M.Pd (2) Dr. Henry Praherdhiono S.Si M.Pd (3) Dr. Sulthoni M.Pd Kata Kunci Pembelajaran blended learning pembelajaran tatap muka gaya belajar pemahaman konsep Pembelajaran blended learning merupakan kombinasi pembelajaran antara pembelajaran tatap muka dengan pembelajaran online memafaatkan portal e-learning blog website dan jejaring sosial. penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil pemahaman konsep mahasiswa yang belajar menggunakan strategi blended learning dengan strategi pembelajaran tatap muka juga untuk menguji ada tidaknya perbedaan rerata kemampuan pemahaman konsep pada mahasiswa yang memiliki gaya belajar berbeda serta untuk menguji ada tidaknya interaksi antara strategi pembelajaran dengan gaya belajar terhadap pemahaman konsep mahasiswa. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian quasi eksperimen. rancangan faktorial 2x2 subjek penelitian terdiri 44 mahasiswa pada semester VII mata kuliah media pembelajaran program studi Pendidikan Agama Islam. Terbagi 2 kelas yang mendapatkan perlakuan strategi blended learning dan satu kelas yang mendapatkan perlakuan strategi pembelajaran tatap muka. Variable penelian ini yaitu variabel bebas adalah strategi blended learning dan pembelajaran tatap muka variabel control yaitu gaya belajar dan variabel terikat pemahaman konsep. Instrument penelitian ini adalah soal pretest dan posttest yang dikembangkan sesuai dengan tujuan penelitian perkuliahan yang tercantum pada RPS. Pengujian hipotesis penelitian ini menggunakan Analysis of Variance (Anova) 2 jalur untuk menguji hipotesisnya berupa Uji Univariate Test of Between-Subject Effects. Hasil penelitian ini menunjukan (1) terdapat perbedaan yang signifikan meliputi pemahaman konsep mahasiswa yang menggunakan strategi Blended learning dengan strategi pembelajaran tatap muka. Penggunaan strategi blended learning secara signifikan lebih unggul dibandingkan dengan strategi pembelajaran tatap muka. Berdasarkan perhitungan uji deskriptif mahasiswa yang menggunakan strategi blended learning memperoleh skor rata-rata lebih tinggi dibandingkan dengan mahasiswa yang menggunakan pembelajaran tatap muka (2) terdapat perbedaan yang signifikan tentang perolehan pemahaman konsep antara mahasiswa yang memiliki gaya belajar aktif dengan gaya belajar reflektif secara signifikan mahasiswa yang memiliki gaya belajar aktif lebih unggul dalam pemahaman konsep dibandingkan dengan mahasiswa yang memiliki gaya belajar reflektif. Secara deskriptif juga terlihat bahwa mahasiswa yang memiliki gaya belajar aktif memperoleh skor rata-rata lebih tinggi jika dibandingkan dengan mahasiswa yang memiliki gaya belajar reflektif. (3) tidak ada interaksi antara strategi pembelajaran blended learning dengan gaya belajar terhadap pemahaman konsep. pengaruh antara interaksi variabel bebas dengan variabel moderator terhadap variabel terikat baik untuk hasil belajar pemahaman maupun pemahaman konsep disimpulkan bahwasannya tidak ada pengaruh interaksi.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: L Education > L Education (General) > LMO Model Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S3 Teknologi Pembelajaran
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 30 May 2022 04:29
Last Modified: 20 Dec 2022 03:07
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/271808

Actions (login required)

View Item View Item