Pengaruh blended project based learning dan prior knowledge terhadap pemahaman konsep dan scientific literacy / Wilyati Agustina - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh blended project based learning dan prior knowledge terhadap pemahaman konsep dan scientific literacy / Wilyati Agustina

Agustina, Wilyati (2022) Pengaruh blended project based learning dan prior knowledge terhadap pemahaman konsep dan scientific literacy / Wilyati Agustina. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Agustina Wilyati. 2022. Pengaruh Blended Project Based Learning dan Prior Knowledge terhadap Pemahaman Konsep dan Scientific Literacy. Disertasi Program Studi Teknologi Pembelejaran Program Doktor Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. I Nyoman Sudana Degeng M.Pd. (II) Dr. Henry Praherdiono. S.Si. M.Pd. (III) Dr. Sri Rahayu Lestari. M.Si. Kata kunci blended project based learning pengetahuan awal pemahaman konsep literasi sains Dalam kaitannya dengan kemajuan teknologi perlu dilakukan inovasi agar pembelajaran berbasis proyek lebih sesuai diterapkan pada pebelajar yang rata-rata termasuk dalam digital native. Sehingga gagasan untuk mengkombinasikan pembelajaran berbasis proyek dengan teknologi menjadi solusi yang tepat khususnya dalam konteks pembelajaran yang terjadi di perguruan tinggi. Blended project based learning memberi kesempatan kepada pebelajar untuk mengakses materi berdiskusi serta mengerjakan tugas-tugas kuliah dan proyek baik tatap muka atau tatap maya secara sinkronus dan asinkronus. Aplikasi blended project based learning memungkinkan pelibatan teknologi dalam penggunaannya. Sehingga akan memperkaya proses belajar mengajar dan memotivasi pebelajar untuk berpartisipasi secara aktif. Karakteristik pembelajaran berbasis proyek yang dikombinasikan dengan perangkat teknologi diharapkan dapat mempengaruhi scientific literacy sebagai salah satu keterampilan yang berperanan dalam era 4.0. scientific literacy merupakan keterampilan untuk menggunakan pengetahuan mengenai sains dan teknologi dalam kehidupan. Tingkat scientific literacy yang baik akan mendorong seseorang untuk mampu menemukan pemecahan suatu masalah dalam kehidupan sehari. Selain itu scientific literacy memiliki peran penting dalam pencapaian pemahaman konsep mahasiswa. Hasil belajar pemahaman konsep merupakan hal utama dalam berpikir pada struktur kognitif yang lebih tinggi. Terkait dengan scientific literacy terdapat faktor lain yang dapat mempengaruhi selain penerapan strategi pembelajaran yaitu prior knowledge. Variabel tersebut mempengaruhi kemampuan untuk menyerap dan memahami serta mengelola informasi dan pengetahuan yang berbeda-beda. Dengan demikian pebelajar yang memiliki prior knowledge dengan tingkat baik berpeluang meraih hasil belajar yang lebih. Dalam hal ini tingkat scientific literacy yang lebih dapat dicapai. Penelitian ini bertujuan menguji pengaruh blended project based learning dan prior knowledge terhadap scientific literacy dan pemahaman konsep. Desain penelitian menggunakan rancangan quasi-experimental non-equivalent control-group. Subjek dalam penelitian dipilih secara random assignment to treatment dan ditentukan berdasarkan kondisi kelas. Desain penelitian menggunakan rancangan eksperimen faktorial 2x2. Rancangan ini digunakan karena salah satu variabel berperan sebagai moderator. Terdapat enam hipotesis yang diajukan yaitu 1) terdapat perbedaan pemahaman konsep yang signifikan kelompok yang menggunakan strategi blended project based learning dengan kelompok yang menggunakan strategi project based learning 2 )terdapat perbedaan pemahaman konsep yang signifikan antara kelompok yang memiliki prior knowledge tinggi dengan kelompok yang memiliki prior knowledge rendah 3) terdapat pengaruh interaksi yang signifikan antara strategi pembelajaran dan prior knowledge terhadap pemahaman konsep 4) terdapat perbedaan scientific literacy yang signifikan kelompok yang menggunakan biokimia strategi blended project based learning dengan kelompok yang menggunakan strategi project based learning 5) terdapat perbedaan scientific literacy yang signifikan antara kelompok yang memiliki prior knowledge tinggi dengan kelompok yang memiliki prior knowledge rendah 6) terdapat pengaruh interaksi yang signifikan antara strategi pembelajaran dan prior knowledge terhadap scientific literacy. Temuan dalam penelitian ini adalah sebagai berikut 1) ada perbedaan pemahaman konsep mahasiswa yang diajarkan dengan strategi pembelajaran blended project based learning dengan project based learning 2) ada perbedaan pemahaman konsep antara mahasiswa yang memiliki prior knowledge tinggi dan mahasiswa yang memiliki prior knowledge rendah 3) tidak terdapat interaksi antara strategi pembelajaran prior knowledge dengan terhadap pemahaman konsep 4) ada perbedaan scientific literacy mahasiswa yang diajarkan dengan strategi pembelajaran blended project based learning dengan project based learning 5) tidak ada perbedaan signifikan kemampuan scientific literacy biokimia antara mahasiswa yang mempunyai prior knowledge tinggi dan mahasiswa yang mempunyai prior knowledge rendah tentang biokimia 6) tidak terdapat interaksi antara strategi pembelajaran prior knowledge dengan terhadap scientific literacy. Merujuk pada temuan hasil penelitian terdapat beberapa saran yaitu 1) dosen pengampu matakuliah sains disarankan untuk dapat memanfaatkan strategi blended project based learning. Hal ini didasari oleh hasil penelitian yang menyatakan bahwa strategi blended project based learning sesuai dengan karakteristik mata kuliah biokimia dan sudah terbukti dapat meningkatkan pemahaman konsep dan scientific literacy 2) Kepada mahasiswa yang ikut dalam proses pembelajaran dengan strategi blended learning. Disarankan untuk memiliki kompetensi dalam menguasai teknologi kemauan belajar yang tinggi memiliki keingintahuan yang tentang sesuatu. Karena ini sangat menentukan keberhasilan proses pembelajaran menggunakan blended learning mengingat blended learning adalah strategi pembelajaran yang terjadi kontek dan lintas waktu 3) kepada peneliti disarankan untuk melakukan penelitian dalam bidang yang berbeda dan juga bisa diupayakan untuk menggunakan model pembelajaran blended project based learning.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > L Education (General) > LMO Model Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S3 Teknologi Pembelajaran
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 31 Aug 2022 04:29
Last Modified: 20 Dec 2022 00:45
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/271793

Actions (login required)

View Item View Item